NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Agar Pelanggan Setia, Yuk Lakukan Ini!

Agar Pelanggan Setia, Yuk Lakukan Ini!

Service quality merupakan faktor dominan dalam menciptakan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan tentu saja diharapkan dapat membuahkan loyalitas pelanggan.

Marketplus.co.id – Manajemen hubungan pelanggan atau Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah sistem informasi yang terintegrasi yang digunakan untuk merencanakan, menjadwalkan, dan mengendalikan aktivitas-aktivitas prapenjualan dan pascapenjualan dalam sebuah organisasi. Itu adalah definisi dari Wikipedia.

Sederhananya, Customer Relationship Management (CRM) adalah bagaimana mendapatkan dan mempertahankan pelanggan, kemudian mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan.

Sasaran utama dari CRM adalah untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang dan profitabilitas perusahaan melalui pengertian yang lebih baik terhadap kebiasaan (behavior) pelanggan. CRM bertujuan untuk menyediakan umpan balik/feedback yang lebih efektif dan integrasi yang lebih baik dengan pengendalian return on investment (ROI) di area ini.

Merujuk kepada Glen Petersen, penulis buku “ROI: Building the CRM Business Case,” sistem CRM yang paling sukses ditemukan dalam organisasi yang menyesuaikan model bisnisnya untuk profitabilitas, bukan hanya merancang ulang sistem informasinya.

Contoh Fungsi Customer Relationship Management

 

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui ketika membangun bisnis model canvas agar bisa bertahan dan berkembang. Salah satu yang utama adalah manajemen hubungan dengan pelanggan.

  1. Menyediakan dukungan pelanggan yang lengkap. Mulai dari prapenjualan hingga after salesyang bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.
  2. Menangani keluhan pelanggan. Di zaman canggih seperti sekarang, pelanggan semakin ingin cepat dilayani, terutama seputar keluhan produk yang diterimanya. Pelayanan konsumen banyak menangani keluhan. Ketersediaan banyak shiftuntuk menyelesaikan masalah dengan cepat menjadi daya tarik tersendiri.
  3. Mengusung falsafah customer-oriented. Artinya, pelanggan adalah raja. Untuk produk dan jasa apapun, kehadiran pelanggan adalah penentu memanjangnya sebuah bisnis.

 

Kepuasan pelanggan saja tidaklah cukup dalam menarik minat mereka untuk mencoba produk yang Anda tawarkan. Anda juga harus memiliki exit barrier agar pelanggan tak pindah ke produk atau jasa lain yang serupa dengan milik Anda.

Tingkatan pada Customer Relationship Management

 

  1. Financial bonding

Financial bonding merupakan level paling lemah dari CRM. Anda mengikat pelanggan dengan aspek-aspek yang bersifat angka keuangan. Misalnya sistem diskon atau reward.

  1. Social bonding

Social bonding adalah bagaimana program-program loyalty kemudian masuk ke area sosial pelanggan. Salah satunya adalah komunitas dan membership.

  1. Structural bonding

Level paling tinggi yang mengikat pelanggan sangat erat hingga sulit lepas. Banyak jasa dan produk yang masuk pada level ini. Contoh sederhana adalah provider seluler yang menguatkan infrasktruktur mereka untuk membantu proses pelanggan dalam berbisnis.

Bagaimana cara Anda mengikat pelanggan agar tak berpaling pada produk kompetitor? Sudahkah Anda menerapkan hal di atas pada bisnis model canvas? Semoga bisnisnya semakin kuat karena CRM yang tepat.

 

 

Top