NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Keberhasilan Online Shop dengan Key Activities

Keberhasilan Online Shop dengan Key Activities

Untuk meraih kesuksesan, sebuah usaha perlu memetakan kegiatan inti (key activities) yang harus dijalankan sesuai dengan bidangnya.

Marketplus.co.id – Apakah Anda pemilik usaha online dan sedang memetakan key activities bisnis? Penting sekali! Key activities adalah kegiatan-kegiatan yang menentukan keberhasilan suatu usaha. Jika sedang memetakan key activities atas usaha online, Anda bisa memperhatikan beberapa hal berikut guna mengantarkan value proposition Anda ke segmentasi pelanggan (customer segment). Ingat, key activities ini menentukan apakah segmentasi pelanggan akan melirik produk atau jasa yang Anda tawarkan atau tidak.

 

Sebut contoh sederhana key activities dari seorang tukang sayur:

  1. Berbelanja di supplieryang murah dengan kualitas sayur yang baik.
  2. Perbanyak pelanggan dengan pendekatan yang baik kepada ibu-ibu atau asisten-asisten rumah tangga di tempatnya akan berjualan.
  3. Mencoba berjualan di tempat lain pada hari yang berbeda untuk mengetahui “respons pasar” di daerah tersebut.
  4. Memberi harga terbaik, membuat promo pada hari-hari tertentu dan membuat informasi melalui SMS.
  5. Mengelola karyawan dengan menjalankan gerobak sayur kedua, ketiga, dan seterusnya.

 

Nah, dengan mendapat gambaran seperti itu, kita bisa coba memetakan key activities dari sebuah usaha online, berikut di antaranya.

  1. Menentukan akan berjualan apa, jika tidak memiliki produk bisa coba sistem dropshipdengan mencari supplier murah yang memiliki produk berkualitas.
  2. Buat akun di sosial media seperti Instagram dan Facebook, mulai promosi dengan materi yang menarik.
  3. Coba buat penawaran menarik dengan adanya promo pada hari-hari atau momen-momen tertentu.
  4. Jika usaha sudah berjalan cukup baik, coba lakukan promosi dengan sistem endorse, misalnya, agar jangkauan usaha makin luas.
  5. Latih tenaga penjualan yang kompeten seiring makin berkembangnya usaha online
  6. Jika hanya ingin berfokus pada produk dan kualitasnya, bisa juga Anda coba mendaftarkan diri pada situs marketplacesalah satunya Lazada, yang menawarkan layanan dari hulu ke hilir sehingga Anda tidak perlu menangani kegiatan pengepakan hingga pengiriman barang.

 

Ingat, tidak semua online shop memiliki key activities yang sama. Banyak faktor yang memengaruhi sebuah kegiatan bisa dimasukkan dalam kategori key activities atau tidak. Selain itu, key activities pun bisa berubah seiring pertumbuhan sebuah usaha. Apa yang dianggap penting saat ini bisa jadi usang di masa mendatang.

Top