NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

11 Tips Media Relations untuk Startup dari Media-Media Top Indonesia (Bag. 2)

11 Tips Media Relations untuk Startup dari Media-Media Top Indonesia (Bag. 2)

Salah satu tips penting tentang media relations yang baik adalah menjalin hubungan manuasiawi dengan jurnalis hingga level pertemanan.

Marketplus.co.id – Berbicara soal publikasi media, setiap perusahaan termasuk startup memerlukan sebuah jurus yang biasa disebut media relations, yaitu salah satu aktivitas menjalin hubungan baik dengan media untuk mendapat publikasi positif yang berdampak pada reputasi perusahaan.

Sayangnya masih banyak startup yang belum tahu bagaimana caranya untuk menjalin hubungan yang “benar” dengan media, bahkan masih banyak startup Indonesia yang belum memahami pentingnya fungsi media relations sebagai salah satu sarana untuk mengenalkan produknya ke masyarakat.

Setelah membaca tips media relations dari lima perusahaan dalam artikel ini, sekarang akan dibahas tips media relations dari enam perusahaan lainnya.

 

  1. Diperlukan Adanya Edukasi Kepada Startup tentang Media Relations – BBC Indonesia

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=zWxzrbDEsLo

Menurut BBC Indonesia, diperlukan adanya edukasi pada pelaku startup bagaimana menjalin relasi media dengan baik, karena fakta di lapangan masih banyak perusahaan startup yang kurang paham bagaimana cara memberikan konten yang menarik agar media mau mempublikasinya. Fungsi media relations ternyata sangat penting saat tahap memberikan awareness perusahaan kepada khalayak. Apalagi bila startup tersebut memiliki keunikan tersendiri dalam memberikan solusi permasalahan bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh perusahaan startup adalah seringkali memberikan konten yang kurang siap untuk dipublikasikan, misalnya memberikan informasi produk yang masih prototype sehingga belum ada bentuk riil untuk bisa dijajal oleh masyarakat.

 

  1. News Value Itu Penting Banget! – Kompas.com

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=v0FDqkGingk

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin sebelumnya, masih banyak perusahaan startup yang masih belum paham bagaimana cara menarik perhatian media. Poin penting yang harus dipahami adalah seberapa besar news value dari konten yang kita berikan kepada media. Kompas.com membocorkan bahwa terdapat empat kriteria konten yang memiliki news value menurut mereka, yaitu menginspirasi, relevan untuk pembaca, membanggakan, dan aktual.

Tips lainnya adalah berikan first impression yang baik pada setiap e-mail yang kita kirim kepada media. Seperti subject e-mail yang menarik dan dua paragraf pertama dalam konten yang menggugah media untuk mempublikasikannya kepada masyarakat.

 

  1. Jalinlah Relasi dengan Media Hingga Level Pertemanan – Metrotvnews.com

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=xfJ_veIJ39w

Mencuri tips dari Metrotvnews.com, media relations yang baik adalah menjalin hubungan manuasiawi dengan jurnalis hingga level pertemanan. Buah dari pertemanan dengan media, startup dapat sekaligus belajar bagaimana sudut pandang media tersebut dalam membuat berita. Selain itu, memiliki teman jurnalis juga bisa menjadi teman diskusi yang baik, kita pun bisa meminta saran dan kritik mengenai konten-konten yang ingin kita publikasikan kepada media.

 

  1. Media Relations yang Baik Diawali dengan E-mail yang Baik – Merdeka.com

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=bI05RkbuigQ

Jalinan hubungan dengan media bisa sesederhana komunikasi dua arah melalui e-mail. Perlu diketahui bahwa hubungan ini merupakan hubungan yang saling menguntungkan, tidak hanya menguntungkan salah satu pihak saja. Maka dari itu, media relations yang baik dapat diawali dengan e-mail yang baik.

Tipsnya adalah: buatlah e-mail secara personal yang ditujukan kepada jurnalis yang bersangkutan. Jurnalis/media lebih menyukai personalized e-mail daripada jarkoman email yang membuat penerima dapat mengetahui rentetan email lain dalam CC pengirim. Selain e-mail yang dipersonalisasi, media juga lebih menyukai konten yang informatif, bermanfaat, dan tidak menggunakan bahasa bertele-tele.

 

  1. Buatlah Konten yang Memiliki Impact ke Masyarakat – CNN Indonesia

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=fSYxA2XuvKs&t=1s

CNN Indonesia sebagai salah satu media mainstream dengan scoop masyarakat umum lebih menyukai konten-konten yang mengedepankan hal-hal yang bersentuhan dengan masyarakat umum dan kehidupan sehari-hari mereka. Selain itu konten yang baik adalah konten yang unik, baru dan bisa memberikan impact kepada pembaca.

Bagi media, pelaku startup harus mengerti sedikit bagaimana sudut pandang jurnalistik dalam membuat berita, seperti memberikan informasi penting pada paragraf-paragraf awal dan mengurangi kata-kata pendahuluan yang tidak penting. Hal ini sangat berguna untuk memudahkan media dalam menyaring intisari dari press release yang diberikan.

 

  1. Pahami Karakteristik Audiens Media – Jakarta Post

 

Video: https://www.youtube.com/watch?v=6uqQN9OomRI

Selain membuat konten yang berhubungan dengan isu-isu yang sedang hangat, penting bagi startup untuk mengidentifikasi media yang ingin mereka tuju sebagai sarana publikasi konten mereka. Cara mengindentifikasinya adalah dengan memahami demografi dan karakteristik pembaca dari media tersebut dan pastikan bahwa konten yang akan dikirim memiliki manfaat bagi pembaca mereka.

Misal kita ingin memiliki konten tentang lifestyle maka kirimkan konten kita ke media-media lifestyle, dan sebagainya.

 

Dari berbagai tips media relations tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa terdapat dua hal yang diperhatikan oleh media dari perusahaan startup, yaitu keunikan apa yang membedakan startup tersebut dengan startup yang lain dan apakah produknya benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat bagi masyarakat. Jika startup kita sudah memiliki dua karakteristik tersebut, maka kita sebenarnya sudah memiliki green card untuk lebih mudah mendekati media.

 

Artikel dan video ini diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi pelaku startup untuk memahami pentingnya media relations dan mengetahui kiat-kiat apa yang harus dilakukan saat menjalin hubungan dengan mereka. Dengan mengetahui kiat-kiat tersebut, tentunya startup tidak memerlukan bantuan dari firma-firma PR untuk menjalani fungsi media relations sehingga dapat menghemat dari segi cost perusahaan.

 

Memang melakukan media relations adalah pekerjaan berat yang membutuhkan usaha terus-menerus dan tidak kenal lelah. Namun ketika kita sudah berhasil melakukannya, kesempatan startup yang sedang kita kembangkan akan lebih besar untuk dikenal dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

 

Sumber Tulisan: iPrice

 

 

Editor: Andiana Moedasir

 

Top