NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Peta e-Commerce Indonesia V2.0 dari iPrice

Peta e-Commerce Indonesia V2.0 dari iPrice

Mau tahu bagaimana persaingan dunia e-commerce di Indonesia? Infografis dan data berikut ini menjadi jawabannya!

Marketplus.co.id – Dunia e-commerce semakin marak dan berlimpah informasi yang memudahkan para pelaku bisnis daring/online bertemu dengan pelanggan atau pembelinya. Bila melihat dalam peta e-commerce Indonesia terkini, banyak keunggulan dari masing-masing pelaku e-commerce dalam menonjolkan kelebihannya.

Berikut ini adalah perbandingan dari setiap perusahaan e-commerce Indonesia.

Lazada dan Tokopedia

Pada mulanya, sebagai pemain lokal, dalam Peta E-Commerce Indonesia versi 1.0, visitor perbulan Lazada adalah 49.000.000, sedangkan Tokopedia sebesar 39.666.000, hanya berbeda 300.000. Sementara dalam data terbaru peta E-Commerce Indonesia, visitor perbulan Lazada meningkat menjadi 51.133.000, memperbesar jarak dengan Tokopedia yang memiliki visitor per bulan sebesar 46.533.000

Blibli Kuasai Medsos

Di Indonesia, Blibli merajai 2 dari 3 media sosial yang menjadi parameter di Peta E-Commerce Indonesia yaitu Facebook dan Twitter. Jumlah fans Blibli di Facebook adalah sebesar 3.703.000, terpaut 1.100.000 dari Tokopedia yang menempati posisi kedua. Jumlah followers Blibli di Twitter adalah sebesar 418.000, lebih besar 297.000 dari Tokopedia.

peta e-commerce indonesia

e-Commerce Pakaian di Instagram

Sebagai platform media sosial untuk memajang foto dan mementingkan aspek visual, Instagram diminati oleh e-commerce tipe fashion. Dari 10 e-commerce dengan jumlah followers terbanyak di Instagram, 50% nya adalah e-commerce dengan tipe fashion. Dan lima e-commerce itu adalah Hijup dengan jumlah pengikut 541.000, 8wood dengan 262.000, Brodo dengan 211.000, Zalora dengan 200.000 dan juga Hijabenka dengan 153.000.

Melihat Visitor Per Bulan

Alfacart dan Mataharimall sama-sama berawal dari bisnis offline yang kemudian masuk ke ranah online. Dalam Peta E-Commerce Indonesia V.1.0 jumlah pengunjung bulanan Alfacart masih berada di bawah Mataharimall, yaitu 16.000.000 VS 18.000.000. Namun, pada data terbaru versi 2.0, Alfacart berhasil memperbesar jarak dengan Mataharimall. Pada Q1 2017, visitor perbulan Alfacart adalah sebesar 17.000.000. Sedangkan Mataharimall turun ke angka 7.500.000. Bulan Maret lalu, Alfacart juga mengumumkan kerja sama dengan Unilever untuk memperkuat sektor “Groceries”.

Ingat Gawai, Ingat Bhinneka

Bhinneka, sebagai e-commerce yang berfokus pafa teknologi dan gawai mendominasi semua parameter.  Hal ini ditunjukkan dengan besarnya angka di setiap parameter peta e-commerce.

Mencari Fashion di Zalora

Dari 6 parameter yang ada di Peta E-Commerce Indonesia, Zalora menjadi juara pada 4  parameter:

  1. Visitor perbulang paling tinggi
  2. Jumlah app installs paling tinggi
  3. Jumlah followers Twitter paling tinggi
  4. Jumlah fans Facebook paling tinggi

 

Sumber info: Peta e-Commerce Indonesia

 

iPrice E‑Commerce Merchants Awards (iEMA) 2016 merupakan penganugerahan penghargaan terbaik di Asia Tenggara yang dipilih berdasarkan pada jumlah suara pemilih konsumen online.

 

Editor: Andiana Moedasir

Top