NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

#NoStrawMovement, Upaya Menuju Indonesia Bersih Sampah

#NoStrawMovement, Upaya Menuju Indonesia Bersih Sampah

Apa yang Anda pikirkan ketika menggunakan sedotan saat minum? Terbayangkah berapa banyak sampah akibat penggunaan plastik sekali pakai itu? Baca tuntas!

Marketplus.co.id – Sebagai bagian dari gerakan #Nostrawmovement yang dicanangkan pada 9 Mei 2017 lalu, KFC Indonesia bersama Divers Clean Action melakukan aksi membersihkan pesisir Pulau Pramuka Kepulauan Seribu pada tanggal 10 Mei 2017. Aksi yang didukung oleh berbagai komunitas selam Indonesia itu berhasil mengumpulkan total sampah seberat 81kg yang kebanyakan terdiri dari berbagai jenis plastik termasuk sedotan.

Hasil Pengumpulan Sampah Kegiatan #NoStrawMovement

Hendra Yuniarto, General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia menjelaskan, “Gerakan #Nostrawmovement adalah ajakan KFC Indonesia kepada konsumen untuk mengurangi sampah plastik khususnya sedotan plastik sekali pakai dengan cara menolak sedotan plastik saat memesan minum di KFC dan di manapun. Kegiatan membersihkan laut dan pantai di Pulau Pramuka ini membuktikan betapa besarnya kontribusi sedotan terhadap sampah di laut dan kami berhasil mengumpulkan 1,45kg sampah sedotan dari aksi tersebut. Tidaklah heran bila disebutkan bahwa sedotan adalah penyumbang sampah laut terbesar kelima di dunia.”

Melalui metode sampling sampah dan penimbangan berdasarkan jenis sampah, kegiatan membersihkan sampah laut dan pantai Pulau Pramuka menghasilkan total sampah 81kg dengan rincian 9kg dihasilkan dari penyisiran pantai sepanjang 150 meter dengan jenis sampah terbanyak adalah plastik PET yaitu sebesar 23%. Sementara penyelaman laut Pulau Pramuka sepanjang 230 meter dengan kedalaman 10-13 meter mendapatkan sampah sebanyak 72kg dengan jenis sampah terbanyak yaitu plastik kemasan (16,4%) dan kain tekstil (16,2%).

Dalam inisiasi gerakan #NoStrawMovement, sampah sedotan yg dikumpulkan oleh 60 orang mencapai 1,45kg dari total 81kg sampah yang dikumpulkan atau sepanjang 243 meter bila sedotan membentuk garis lurus yang artinya setara dengan 1,85x tinggi Monas.

Data Sampah Di Indonesia dan Dunia

Swietenia Puspa Lestari, pengagas Divers Clean Action (DCA) menjelaskan, ”Data sampah diperoleh melalui metode sampling sampah dan penimbangan berdasarkan jenis sampah seperti styrofoam, plastik kemasan, plastik PET, plastik bening, plastik minuman gelas, plastik sedotan, plastik tebal, plastik kresek, plastik HDPE, plastik PP, kain tekstil, B3, kaca, kaleng, dan residu. Hasil kegiatan bersih laut ini diharapkan dapat dipergunakan oleh khalayak umum dan sebagai tolok ukur untuk mengurangi jumlah sampah di laut dan pantai Pulau Pramuka serta wilayah lainnya. Berdasarkan data tersebut dan pengalaman kami sebelumnya membuktikan bahwa upaya pengurangan sampah perlu digalakkan agar laut tidak lagi dijadikan tempat pembuangan sampah.”

Seperti yang dijelaskan sebelumnya oleh Tenia di saat pencanangan gerakan #Nostrawmovement, bahwa selain fakta bahwa sedotan merupakan penyumbang sampah laut terbesar kelima di dunia, menurut data yang ditemukan oleh Jambeck (2015) ternyata Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 1,29 juta ton per tahun.

Sedangnya menurut data yang dikumpulkan oleh Divers Clean Action, perkiraan pemakaian sedotan di Indonesia setiap harinya mencapai 93.244.847 batang yang berasal dari restoran, minuman kemasan dan sumber lainnya (packed straw). Ternyata 93.244.847 sedotan tersebut dapat disetarakan dengan 16.784km atau sama dengan dengan jarak yang ditempuh dari Jakarta ke Mexico City, atau jika dihitung per minggu maka pemakaian sedotan mencapai 117.449km yang artinya setara dengan 3 kali keliling bumi.

Menanti Dukungan Konsumen Lebih Bijak Mengelola Sampah

Melalui gerakan #Nostrawmovement ini KFC Indonesia sangat mengharapkan dukungan konsumen untuk lebih peduli terhadap sampah plastik terutama sedotan plastik sekali pakai dengan mengubah kebiasaan minum menggunakan sedotan demi menyelamatkan laut dan biota laut di dalamnya. Gerakan #Nostrawmovement ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial PT Fast Food Indonesia yang memang fokus pada lingkungan dan pendidikan serta nutrisi anak-anak pedalaman Indonesia.

Dalam semua kegiatan tanggung jawab sosialnya KFC Indonesia berusaha untuk menggandeng komunitas anak muda, yang merupakan target utama KFC Indonesia, yang memiliki misi dan visi yang sama dengan KFC. Setelah tahun lalu KFC Indonesia memulai kerja samanya dengan Komunitas 1000 Guru untuk membantu pendidikan dan nutrisi anak-anak pedalaman Indonesia melalui Smart Center Project, maka kali ini KFC Indonesia menggandeng Divers Clean Action.

Top