NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Modal Usaha Bukan Cuman Uang

Modal Usaha Bukan Cuman Uang

[Image: iStock]

Bisnis sukses rupanya bukan sekadar deretan rupiah yang jadi persiapan. Betapa banyak orang berlimpah modal uang yang usahanya kandas dalam bilangan bulan saja. Lalu apa lagi yang perlu dimiliki oleh pengusaha? Kepribadian pebisnis. Mau tahu apa itu? Lahap artikel ini sampai tuntas.

Apakah menjadi pengusaha begitu sulit dan seseram cerita mereka yang gagal menjalankan usahanya? Jika ya, mengapa selalu ada kisah sukses baru yang bisa kita pelajari, termasuk kemampuan yang harus dimiliki untuk bisa meniru mereka: Pengusaha dan kesuksesannya.

Untuk memulai sebuah bisnis sebenarnya tidak diperlukan gelar tertentu, pendidikan tinggi, modal besar, pengalaman bertahun-tahun di bidang tertentu, atau latar belakang keluarga pengusaha. Namun, tidak dipungkiri ada serangkaian keterampilan yang perlu dikuasai dan dimiliki seorang pengusaha agar bisa menjalankan bisnis dengan sukses.

Skill Pengusaha Sukses

Dua di antaranya yang utama adalah leadership dan komunikasi. Leadership wajib dimiliki seseorang untuk bisa menjadi pengusaha yang sukses. Tanpanya, usaha tidak akan bisa bertahan dalam waktu yang lama. Leadership memungkinkan pengusaha untuk mengerakkan tim dengan penuh motivasi dan keinginan untuk maju. Sementara, kemampuan berkomunikasi sangat berkaitan erat dengan hubungan antar manusia, seperti dengan karyawan, pelanggan, dan klien atau mitra usaha. Jangan sampai usaha yang dijalankan jadi berantakan karena pengusaha tidak memiliki komunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi dengan baik sendiri bisa dipelajari secara otodidak.

Kemampuan lainnya yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha adalah hukum, manajemen, pengelolaan keuangan, dan pemasaran. Namun, hanya karena seseorang bisa dan sudah terbiasa menjalankan pekerjaan teknis tertentu, bukan berarti ia menguasai aspek bisnis secara keseluruhan dengan benar. Sebut saja, seseorang yang pandai memasak belum tentu bisa mengelola bisnis restoran dengan baik. Kebanyakan juru masak andal sekalipun ternyata tidak tahu cara melakukan pemasaran, branding, melatih staf, atau mengelola keuangan.

Kuasai Kuncinya

Kuncinya adalah kemauan untuk belajar. Tidak ada pengusaha sukses yang tidak mau belajar. Mereka adalah individu yang terus belajar memperbaiki diri dan usaha dalam menerapkan metode-metode baru yang diyakini bisa memajukan bisnisnya. Membaca buku atau mengikuti seminar dan pelatihan bisa menjadi solusi. Pastikan apa yang dipelajari sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Alternatif lain, jika tidak bisa memiliki seluruh kemampuan yang harus dimiliki, serahkan hal tersebut kepada ahlinya. Rekrut teman atau orang yang kompeten di bidangnya. Atau, jika memang terlalu rumit untuk melakukannya, mulailah melirik bisnis e-commerce yang menyajikan layanan lengkap. Dengan demikian, Anda dapat memulai bisnis tanpa dipusingkan dengan hal-hal teknis seperti pemasaran. Nyatanya, e-commerce pun mampu melejitkan omzet bisnis yang belum tentu Anda dan segudang kemampuan yang Anda miliki seorang diri.

Top