NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Facebook Membantu Meningkatkan Performa Pemasaran

Facebook Membantu Meningkatkan Performa Pemasaran

Data terbaru menunjukkan terjadinya lonjakan belanja online sebesar 27% selama bulan Ramadan dibandingkan pembelanjaan yang terjadi sepanjang tahun. Nah, bagaimana Facebook membantu Anda untuk melesatkan penjualan tahun ini?

Marketplus.co.id – Ramadan adalah momen kebersamaan untuk meluangkan waktu bersama keluarga dan teman dalam melakukan ibadah dan aktivitas keagamaan selama sebulan penuh. Banyak hal yang harus dipersiapkan dalam menyambut bulan Ramadan, mulai dari pakaian, perlengkapan rumah, ide-ide resep ataupun hadiah. Bukankah ini merupakan sebuah peluang besar yang sudah diketahui seluruh masyarakat Indonesia? Untuk para pemilik bisnis, sudahkah Anda meningkatkan performa pemasaran berbeda dari biasanya?

Bagaimana Pengguna Facebook Mencari Info Produk?

Sejak iklan sirup dan pakaian muslim sering tampil di televisi pada era 90an, para pelaku bisnis terus mengembangkan strategi meningkatkan penjualan produk mereka. Untuk era digital seperti sekarang pun tak jauh berbeda.

Proses pencarian sebuah produk dan jasa menjelang Ramadan tahun 2017 sudah dimulai sejak bulan April dan pembelian akan terus berlangsung bahkan setelah Ramadan berakhir. Hal ini menunjukkan bahwa sangat penting untuk menjangkau pelanggan di momen yang penuh peluang ini.

Menjelang musim puasa, sekitar bulan April, orang-orang di Indonesia mulai sibuk mencari informasi akan jasa dan produk. Terdapat peningkatan sebesar 19% untuk click-through rate di Facebook dibandingkan dengan rata-rata yang terjadi di 3 bulan pertama, hal ini berarti ada peningkatan minat beli dan aktivitas feed di ponsel. Jadi, mulailah menjangkau pelanggan sedini mungkin untuk memastikan bisnis dan brand Anda menjadi top of mind saat mereka hendak berbelanja menjelang Ramadan.

Belanja Online Meningkat Melalui Aplikasi

Selain itu, data terbaru menunjukkan terjadinya lonjakan belanja online sebesar 27% selama bulan Ramadan dibandingkan pembelanjaan yang terjadi sepanjang tahun.

Ponsel merupakan tempat orang berbelanja dan melakukan pembelian pada musim ini. Di Indonesia dan Malaysia, 4 dari 5 konversi di Facebook selama Ramadan terjadi melalui ponsel.

Orang-orang juga mengunduh lebih banyak aplikasi ponsel selama dan setelah Ramadan dibandingkan dengan setengah tahun pertama secara rata-rata – lebih dari 20% aplikasi ponsel di-install di Malaysia dan +26% di Indonesia.

Banyak keluarga yang mencari layanan on-demand, seperti transportasi dan layanan antar makanan, selama dan setelah Ramadan untuk mengurangi stres sepanjang bulan tersebut. Hal ini membuka pintu bagi bisnis dan pengiklan untuk mempromosikan pengunduhan aplikasi atau pun meningkatkan akses ke aplikasinya saat menjelang dan setelah Ramadan.

Menjaga Performa Pemasaran Tetap Tinggi

Menurut riset yang dilakukan Apsalar, tingkat uninstall aplikasi ponsel di Asia Tenggara termasuk yang tertinggi di dunia – hingga 31% pada Q2 2016 (musim Ramadan). Di antara yang meng-uninstall aplikasi tersebut, 2 dari 3 melakukannya di hari ketiga. Hal ini menunjukkan pentingnya untuk memastikan aplikasi yang telah diunduh tetap menarik bagi pengunduh aplikasi dan mempertahankan promosi yang ada.

  1. Membangun awareness lewat iklan video dan iklan carousel dalam menyambut musim puasa. Orang-orang mulai mencari inspirasi di Facebook semenjak bulan April, sehingga perlu untuk membangun brand dan tetap menjadi brand yang paling diingat di benak mereka untuk mendorong penjualan. Para pemain e-commerce menemukan bahwa kampanye brand upper funnel memberikan dampak positif secara langsung pada konversi dan penjualan. Lihat bagaimana Blibli.com meningkatkan pembelanjaan melalui aplikasi mereka menggunakan kampanye brand.
  2. Mendorong permintaan dan mencari calon pelanggan dengan iklan mobile app install, dan mendorong orang-orang mempelajari situs web Anda lebih jauh.
  3. Mendapatkan pelanggan dan melakukan penargetan kembali para pembelanja yang pernah menunjukkan ketertarikan melalui Dynamic Ads. Bagi mereka yang telah mengunduh aplikasi, lakukan iklan yang dapat mendorong ketertarikan mereka untuk menggunakan aplikasi dan mencegah mereka untuk melakukan uninstall aplikasi tersebut.
  4. Mendorong transaksi dan pembelian kembali dengan penargetan Audiens Khusus, menjangkau pembeli yang telah membeli dan masih tertarik pada produk Anda.

Untuk mulai mencoba meningkatkan performa pemasaran produk Anda, Facebook membantu dengan tiga poin utama di bawah ini:

  • Facebook Blueprint—pelajari segala yang Anda butuhkan untuk menguasai iklan Facebook dan Instagram

 

 

  • Facebook Creative Hub—buat contoh dan lihat seperti apa iklan Anda nantinya di Facebook dan Instagram.

Selamat mencoba strategi dari Facebook untuk bisnis Anda!

Top