NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Lintasan Bintan Ironman 70.3, Gokil!

Kali ketiga Bintan Ironman 70.3 digelar dengan lintasan yang luar biasa menarik. Tak hanya gelaran bergengsi, event ini menyuguhkan keindahan panorama. Dan tentu saja hadiah menggiurkan!

Marketplus.co.id – Pernah mendengar Teluk Lagoi? Area yang berada di Kepulauan Riau ini akan didapuk jadi tuan rumah gelaran bergengsi Bintan Ironman 70.3. Meraup sukses di kedua event serupa sebelumnya, tahun ini komunitas atlet dan penggemar triatlon Indonesia akan berbondong-bondong berkompetisi lagi pada tanggal 20 Agustus 2017.

Kategori Bintan Ironman 70.3

Selain ada IronKids yang diperuntukkan untuk anak-anak, ada dua kategori utama yang diperlombakan di Teluk Lagoi ini: Individu dan Relay Team. Di tiap kategori tersebut, peserta akan berenang sejauh 1,9 km; bersepeda dengan jarak 90 km; dan berlari sepanjang 21,1 km. Tapi tenang saja, sepanjang mata memandang, di semua lomba triatlon ini akan ‘diganjar’ pemandangan alam tropis yang menarik. Fair enough, rite?

Lintasan: Tak Kenal, Maka Tak Menang

Ceruk yang ‘Baik’ untuk Perenang

Sebagai rute terbaik di Asia, area yang menjadi lintasan untuk renangnya cukup menarik. Berada di dalam cerukan, ini semacam perlindungan yang diberikan teluk bagi para atlet untuk membentengi dari pengaruh Laut China Selatan. Apa manfaatnya? Hal tersebut membuat lintasan berenang di Bintan Ironman 70.3 tidak menyimpan potensi arus bawah air dan gelombang besar. Ya, aman dan menguntungkan.

Tah hanya itu. Visibilitas yang diberikan pada para perenang sangat luar biasa. Biasanya, suhu air berkisar di angka 29 derajat celcius, sehingga para triathlete tidak membutuhkan wetsuit. Another good news, huh? Bisa dikatakan, kontestan bakal merasa seperti berenang di kolam renang, namun dengan tambahan daya apung yang lebih tinggi.

Start fase renang akan dibagi dalam beberapa gelombang berdasarkan kelompok umur. Lokasinya start dan finish fase ini berada di dekat area transisi dan race village. Catat, ya jangan sampai ‘nyasar. Dan satu lagi yang menarik, lokasi start-nya berada di pantai berpasir putih yang dihiasi jajaran pohon kelapa.

‘Melahap’ yang Serba Indah di atas Roda Dua

Seakan tak mau kalah lintasan renang, ada hal menarik yang diberikan lintasan berseprda di Bintan Ironman 70.3 ini. Selain hanya menawarkan satu lap saja, rutenya menyodorkan salah satu pemandangan alam tropis terbaik di dunia. Melalui jalan yang berliku-liku, partisipan akan melintasi kawasan barat laut Pulau Bintan, melewati sejumlah pedesaan yang masih memiliki kondisi alami. Bayangkan pemandangan area pertanian yang subur, hutan hijau, hingga kawasan pesisir pantai. Nah, itu yang jadi suguhan buat para peserta. Tidak heran jika Asia Tri memilih bike course ini sebagai yang terbaik di Asia.

Yang Baru di Lintasan Berlari, Catat!

Ingat, akan ada perubahan di rute berlari. Jika tahun sebelumnya para peserta harus berlari tiga lap, tahun ini hanya dua lap. Danau buatan Lagoi Bay tetap menjadi pemandangan utama. Perubahan ini dilakukan untuk rute berputar yang dilakukan berkali-kali serta menambah variasi pemandangan yang bisa dinikmati peserta ketika mengayunkan kaki. Selain itu ditambahkan beberapa titik untuk para penonton yang memberikan dukungan untuk memastikan berkurangnya lap tidak menurunkan dukungan dari penonton terhadap para triathlete.

Bintan Ironman 70.3 Ajang Terbaik

Tidak heran jika pada 2016 Bintan Ironman 70.3 didaulat sebagai salah satu lomba Ironman 70.3 terbaik. Berdasarkan survei dari Global Ironman Athlete, Bintan Ironman 70.3 menduduki ranking ketiga lomba terbaik pada 2016. Posisinya hanya berada di bawah Prancis dan Jerman.

Hal yang menggiurkan tentu saja hadiah yang diperebutkan selama kompetisi. Wow, USD15 ribu! Semacam seleksi, para pemenang Bintan Ironman 70.3 akan mengikuti kejuaraan dunia Ironman 70.3 tahun 2018 yang akan digelar di Afrika Selatan. Tertarik? Yuk buruan daftar Bintan Ironman 70.3.

 

Editor: Shelvy Dwi Citra

Top