NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Articles | Event | Flash News | Uncategorized

Personal Branding and Leadership Workshop di #RoadToEFest2014

Tambah Fitur Baru, Facebook Messenger Mengumpulkan Orang di Seluruh Dunia

Tambah Fitur Baru, Facebook Messenger Mengumpulkan Orang di Seluruh Dunia

Ilustrasi Facebook {www.pexels.com}

Bakal banyak bot pintar mempermudah hidup.

Marketplus.co.id – Dibukanya akses Facebook Messenger Platform telah mengundang komunitas pengembang global berkolaborasi. Dalam 12 bulan terakhir, platform itu berkembang menjadi kanal bagi brand, para pengembang, dan konsumen untuk terhubung satu sama lain dan dengan hal-hal yang mereka sukai. Selama periode itu juga telah dikembangkan kamera baru, obrolan video dalam Group, dan bahkan games

Demikian yang diinformasikan dalam Facebook F8 Developer Conference, sebuah konferensi tahunan untuk pengembang . Tahun ini, konferensi itu diselenggarakan pada 18-19 April 2017 di McNery Convention Center, San Jose, California, Amerika Serikat.

Saat membuka konferensi, CEO Facebook Mark Zuckerber menegaskan arah fokus pengembangan platform media sosial terbesar di dunia itu. “Jika sebelumnya kami mendekatkan teman dan keluarga, maka kini kami ingin membangun komunitas, mendekatkan banyak orang di dunia,” ujarnya.

Yang juga menarik, ialah berkembangnya pemanfaatan bot bagi Messenger. Mulai dari bot untuk menolong pengungsi, bot yang menjawab pertanyaan kesehatan, kesempatan untuk mendukung tujuan yang ada dan bahkan pengalaman yang membantu para murid dengan tugas-tugasnya.

“Kreativitas, kecerdasan dan visi dari komunitas pengembang kami sangat luar biasa,” demikian pernyataan David Marcus, VP of Messenger Facebook melalui keterangan media resmi, Kamis, 20 April 2017.

Dalam konferensi tersebut, disebutkan komitmen Facebook untuk membuat messenger semakin ringan dan menyenangkan. Sejumlah fitur baru antara lain, tab penemuan, kode messenger, hingga asisten virtual.

Dengan tab penemuan (discover tab), misalnya, kini orang bisa lebih mudah menemukan bisnis yang penting bagi mereka. Fitur ini mulai dapat dinikmati di sebagian wilayah Amerika Serikat. Fitur Ekstensi Obrolan (Chat Extensions), juga memungkinkan beberapa orang untuk mengobrol dengan bisnis yang sama di waktu yang bersamaan. Brand akan semakin dekat dengan khalayak.Adapun kode QR terbaru Facebook memungkinkan orang-orang yang berada di mana saja atau di dalam sebuah acara, seperti pertandingan basket dan konser, dapat menemukan lebih banyak informasi dari bot untuk Messenger, hanya dengan memindai kode di kamera Messenger.  

Selain itu, asisten virtual dalam chat messenger (dinamai M) juga dapat memberikan saran dalam percakapan. Didukung dengan kecerdasan buatan, M mengenali ketika ada orang-orang yang melakukan beberapa hal tertentu dan memberikan saran yang bermanfaat. Semakin sering Anda menggunakan M, maka M akan membuat rekomendasi yang semakin relevan dengan Anda. Khusus di Amerika Serikat, kini M bahkan dapat menawarkan kemampuan untuk memesan makanan melalui delivery.com.

“Jika Anda mengobrol dengan teman-teman untuk menentukan tempat makan malam, M mungkin akan memberikan rekomendasi untuk membuat sebuah pesanan.”

Messenger juga akan menjadi tempat yang nyaman bagi penyuka game. Dengan lebih dari 1.5 miliar permainan yang dimainkan hanya dalam 90 hari, kini Facebook menambahkan beberapa tambahan fitur produk seperti bot permainan dan Rich Gameplay (permainan turn-by-turn). Dengan begini, permainan menjadi lebih menyenangkan.

Membantu Pengembang dan Bisnis untuk Membuat Bot

Facebook menyadari, salah satu hal yang paling sulit bagi UKM adalah mengontrol pesan yang mereka terima. UKM akan mendapat kelebihan dengan memiliki perpesanan yang selalu aktif sehingga mereka dapat berinteraksi dan memberikan layanan bagi konsumen mereka secepat mungkin.

Untuk itu, Facebook meluncurkan fitur bagi Pages yang dapat merespon pertanyaan yang sering ditanyakan, seperti jam operasional, alamat dan kontak yang dapat dihubungi. Dengan dukungan dari mesin bot kecerdasan Wit.ai, Smart Replies menawarkan API yang memungkin bisnis untuk membuat kecerdasan buatan yang dapat merespon untuk menjawab jenis pertanyaan yang sering ditanyakan.

Selain itu, bisnis kini dapat menghasilkan beberapa kode QR parametrik untuk sebuah bot, menawarkan pilihan yang lebih banyak bagi konsumen. Contohnya, untuk menelusuri dimana sebuah kode telah dipindai, atau untuk menerapkan kode QR yang berbeda untuk setiap meja di restoran. Hal ini juga memberikan kesempatan bagi orang-orang untuk memindai kode dengan kamera dibandikan fitur pindai QR.

Facebook juga telah menyediakan sebuah cara bagi bisnis untuk bekerjasama dengan banyak pengembang untuk berbagai pengalaman di Messenger. Sebagai contoh, sebuah bisnis mungkin ingin memiliki sebuah bot personal shopping dan juga bot layanan konsumen. Vendor dan pengembang yang berbeda akan dapat mengatur percakapan untuk setiap kasus yang diminta oleh konsumen.

 

Editor: Sica Harum

 

Top