NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Articles | Event | Flash News | Uncategorized

Personal Branding and Leadership Workshop di #RoadToEFest2014

Strategi Citi Indonesia Perkenalkan Literasi Finansial Digital

Strategi Citi Indonesia Perkenalkan Literasi Finansial Digital

Pelaksanaan program “Digital Financial Literacy for Children" {Dok: Citi Indonesia}

Melibatkan 2.244 siswa di tujuh sekolah di empat kota besar Indonesia.

Marketplus.co.id – Citi Indonesia melalui payung kegiatan kemasyarakatannya, Citi Peka (Peduli dan BerKarya), bersama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) memperkenalkan program “Digital Financial Literacy for Children” bagi siswa sekolah dasar kelas 3, 4, dan 5  di Indonesia. Program ini bertujuan mendorong para siswa agar mengerti tentang literasi digital yang terkait dengan industri keuangan, terutama perbankan.

Melalui pendanaan dari Citi Foundation, program ini akan berlanjut hingga Juli 2017 dengan melibatkan sekitar 2.244 siswa di tujuh sekolah yang terdapat di empat kota besar di Indonesia yaitu Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Bandung. Di kelas, para siswa diberikan pengetahuan mengenai pentingnya menabung, memahami perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, mengenali metode pembayaran yang tersedia di pasar baik tunai, kredit maupun debit, serta mempelajari pengetahuan kewirausahaan tingkat dasar dengan cara yang menyenangkan dan interaktif melalui gawai. Citi Indonesia membekali setiap kelompok siswa yang terlibat dengan satu gawai, sehingga mereka dapat belajar secara interaktif dan menumbuhkan kerjasama tim yang baik.

CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi, melalui siaran pers yang diterima Marketplus.co.id, Kamis, 6 April 2017 mengatakan keberadaan Citi sebagai bank berskala global tidak hanya mendorong pertumbuhan dan mendukung kemajuan bagi nasabah, namun juga bagi masyarakat dimana Citi beroperasi.

“Sejalan dengan fokus bisnis Citi Indonesia yang mengedepankan digitalisasi perbankan, kegiatan sosial kemasyarakatan yang kami usung juga menggunakan teknologi digital yang mumpuni,” katanya.

Bersama mitra pelaksana Prestasi Junior Indonesia (PJI), Citi Indonesia memberikan edukasi mengenai keuangan kepada siswa setingkat Sekolah Dasar. Country Head Corporate Affairs Citi Indonesia, Elvera N. Makki, mengatakan derasnya arus informasi melalui gadget dan smartphone yang dapat dengan mudah diakses melalui koneksi internet semakin sulit untuk dibendung, termasuk bagi anak-anak yang sudah terpapar dengan penggunaan gawai, apakah untuk bermain games maupun menonton berbagai video.

Vera mengatakan Program “Digital Financial Literacy for Children” diluncurkan untuk memanfaatkan tren penggunaan gawai ke arah yang positif dengan memasukkan modul-modul edukasi keuangan dan pendekatan interaktif yang aman serta komprehensif.

“Dan menyenangkan bagi anak-anak,“ ujarnya.

Gawai yang digunakan untuk program “Digital Financial Literacy for Children” {Dok: Citi Indonesia}

Terdapat tiga modul yang digunakan dalam kegiatan, dengan tema “Keluarga kami”, “Daerah Kami” dan “Kota Kami” ini. Pada masing-masing modul, pelajaran untuk individu telah diselaraskan dengan Kurikulum Pendidikan Nasional Indonesia, termasuk di dalamnya adalah konten dan kegiatan yang berkaitan dengan perbankan, bisnis, karir, komunikasi, pembangunan ekonomi, uang, produsen dan konsumen, sumber daya, pasokan dan permintaan. Beberapa bankir muda yang tergabung dalam Citi Volunteers turut terlibat di dalam kelas untuk membantu siswa menyelesaikan modul melalui gawai.

Management Advisor Prestasi Junior Indonesia (PJI), Rob Gardiner menambahkan dia berterimakasih dan senang sekali atas jalinan kemitraan bersama Citi Indonesia dalam membangun dasar pemahaman literasi keuangan terutama di era digital bagi siswa Sekolah Dasar.

“Kedepannya diharapkan mereka menjadi generasi yang mampu menggerakkan industri keuangan Indonesia menjadi lebih maju,” katanya.

Gawai yang digunakan untuk program “Digital Financial Literacy for Children” {Dok: Citi Indonesia}

Pada edukasi keuangan “Digital Financial Literacy for Children”, Citi Indonesia juga menghadirkan psikolog anak, Rosdiana Setyaningrum, yang berbagi informasi mengenai kiat mendidik anak di era digital kepada Persatuan Orang Tua Murid dan Guru (POMG) SD 06 Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Rosdiana mengatakan salah satu cara memberikan pendidikan kepada anak di era digital adalah dengan melakukan pendampingan agar mereka dapat meraih manfaat dari perangkat canggih yang digunakan. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini, menurutnya anak dapat belajar banyak hal, bukan hanya terkait pelajaran di sekolah.

“Namun juga pemahaman lebih mengenai pengelolaan keuangan,” ujarnya.

“Melalui program “Digital Financial Literacy for Children”, CEO Citi Indonesia, Batara Sianturi, berharap para siswa dapat menjadi Duta Keuangan bagi keluarga mereka dengan menyampaikan semua informasi yang diperoleh melalui kegiatan ini kepada seluruh anggota keluarga.

Batara juga berharap generasi muda dapat turut serta dalam era digital dan mengaplikasikannya di kehidupan sehari-hari.

“Untuk mendapatkan kemudahan serta berbagai manfaat,” katanya.

Editor: Yudho Raharjo

Top