NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Pentingnya Perjanjian Kerahasiaan

Pentingnya Perjanjian Kerahasiaan

Ingin aman saat presentasi atau pitching ke investor? Segera buat perjanjian kerahasiaan.

Sebelum membahas tentang perjanjian kerahasiaan. Kita jawab dulu pertanyaan ini. Berapa banyak dari kita mengalami kejadian ini: mengungkapkan sebuah rahasia dengan hati-hati, “Jangan bilang siapa-siapa, ya?” ternyata keesokan harinya berita itu sudah menyebar atau diketahui pihak lain. Rasanya pasti sangat menyesal. Tapi nasi sudah jadi bubur, kisah yang sejatinya adalah rahasia sudah jadi buah bibir.

Hal yang begitu pribadi dan tidak seharusnya dikonsumsi khalayak ramai, selalu kita jaga. Sama halnya dengan strategi, proyeksi dan target, kondisi keuangan, serta kelemahan bisnis kita. Hal-hal tersebut merupakan rahasia perusahaan yang sebaiknya dijaga.

Lalu bagaimana jika kita bertujuan untuk mempresentasikannya karena bermaksud menarik minat investor? Di sinilah perlunya Perjanjian Kerahasiaan atau Non Disclosure Agreement (NDA). Sebuah perjanjian yang perlu dibuat sebelum picthing ke investor.

Apa Itu Perjanjian Kerahasiaan?

NDA secara umum adalah perjanjian kerahasiaan antara pemberi pekerjaan dan penerima pekerjaan yang akan mengikat penerima pekerjaan untuk tidak membocorkan isi dari sebagian atau keseluruhan pekerjaan kepada pihak lain.

Salah satu contohnya ialah NDA antara juru masak dan pihak restoran tempat ia bekerja. NDA berisi perjanjian terikat yang sudah disepakati oleh juru masak untuk tidak menyebarkan resep masakan dari restoran tempat dia bekerja. Saat juru masak berpindah ke restoran lain, tidak diperkenankan untuk menyebarkan resep restoran sebelumnya karena hal tersebut melanggar isi dari NDA.

Ini Gunanya NDA

Manfaat NDA adalah memberi perlindungan terhadap bisnis yang dijalankan agar rahasia maupun hal milik perusahaan tidak tersebar ke masyarakat luas.

Dalam NDA, Anda dapat mengatur informasi yang diungkapkan oleh satu pihak yang digolongkan sebagai informasi rahasia dan karenanya pihak penerima menjamin terjaganya rahasia dari pihak ketiga. Selanjutnya hal ini dipergunakan hanya untuk kepentingan para pihak terkait sehubungan dengan apa yang tengah berlangsung di antara mereka.

Kapan NDA berlaku?

Sifat NDA tidak terbatas waktu. Artinya, informasi akan terus menjadi rahasia dan mengikat para pihak, sekalipun perjanjian kerja sama (atau perjanjian lain) di antara para pihak telah putus atau berakhir.

Sebetulnya, NDA sendiri pun melindungi pihak penerima informasi. Karena di dalam NDA dapat dibatasi hal-hal apa saja yang dianggap sebagai informasi umum yang tidak menyebabkan kewajiban apapun bagi pihak penerima. Serta prosedur apa saja yang dapat ditempuh jika terpaksa mengungkapkan informasi rahasia yang diterimanya akibat suatu tindakan hukum.

Top