NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Articles | Event | Flash News | Uncategorized

Personal Branding and Leadership Workshop di #RoadToEFest2014

Makin Cemerlang, Kiprah Perempuan Indonesia di Bidang Teknologi

Makin Cemerlang, Kiprah Perempuan Indonesia di Bidang Teknologi

(Ki-ka): Vina Kasim, Country Leader Marketing IBM Indonesia, gamer profesional Monica Carolina, CEO Nixiagamer.com, dan Alamanda Shantika, Founder dan CEO Binar Academy dalam acara Buka Talks di Jakarta, 31 Maret 2017. {Dok. Buka Lapak}

Kini, sekitar 1 dari 10 pekerja dunia digital ialah perempuan.

Marketplus.co.id – Makin banyak perempuan berkontribusi maksimal dalam bidang teknologi di Indonesia. Tidak hanya tampil menonjol di bidangnya, tapi juga menginspirasi semakin banyak perempuan lain terjun di bidang teknologi.

“Kami melihat prestasi mereka sudah tidak kalah dengan pria, malah belum tentu bisa dilakukan para pria. Kami sangat mengapresiasi upaya mereka serta ingin membagikan informasi ini kepada masyarakat melalui BukaTalks,” ujar Achmad Zaky, Founder dan CEO Bukalapak, membuka acara Buka Talks, Jumat, 31 Maret 2017.

Dalam acara BukaTalks, dihadirkan tiga perempuan yang berkarya dalam bidang teknologi. Yaitu Vina Kasim, Country Leader Marketing IBM Indonesia, gamer profesional Monica Carolina, CEO Nixiagamer.com, dan Alamanda Shantika, Founder dan CEO Binar Academy.

“Banyak perempuan Indonesia yang memiliki passion dan skill yang dibutuhkan di industri teknologi tetapi tidak percaya diri atau masih segan untuk terjun ke ranah teknologi. Padahal hal yang paling penting adalah kemauan kita yang kuat untuk dapat berkontribusi dalam industri ini,” ujar Vina Kasim.

Wanita lulusan jurusan ekonomi Universitas Trisakti ini memutuskan terjun ke industri teknologi sejak tahun 1995.

“Bagi saya teknologi itu menarik, selalu berkembang seiring waktu, tidak pernah diam di tempat. Kita pun ikut berkembang. Sebagai perempuan kita harus terus tumbuh dan berkembang, sama seperti teknologi” tambah Vina Kasim.

Semangat yang sama disampaikan juga oleh  Monica Carolina, CEO Nixiagamer.com. Gamer cantik yang akrab dikenal sebagai “Nixia” ini telah bekerja sebagai professional gamer sejak tahun 2008.

“Teknologi khususnya gaming sangat identik dengan pria. Memang kita jarang melihat wanita jadi professional gamers. Tetapi selama kita punya kemampuan, bukannya tidak mungkin. Sebab yang paling penting dalam game adalah skill bukan gender, ” kata Monica Carolina.

Alamanda Shantika, Founder dan CEO Binar Academy juga mengungkapkan hal serupa.  Sosok perempuan yang berkecimpung di dunia digital dan teknologi ini mengaku gemar mengutak-atik komputer, matematikadan desain. Kini ia menjalankan Binar Academy untuk membentuk talent-talent berkualitas.

“Nantinya, bisa membentuk ekosistem dimana tiap orang bisa berkontribusi untuk daerahnya nantinya dan meningkatkan ekonomi di setiap kota di Indonesia,” kata Alamanda.

Alamanda menaruh perhatian khusus pada perempuan. Sebab menurutnya, belum banyak wanita yang berkecimpung di ranah teknologi.  “Padahal kepemimpinan wanita di dunia teknologi dapat menciptakan kolaborasi yang luar biasa untuk kemajuan Indonesia,” ujarnya.

Editor: Sica Harum

Top