NAVIGATION

Strategi AXA Mandiri Hadapi Perubahan Perilaku Konsumen

Strategi AXA Mandiri Hadapi Perubahan Perilaku Konsumen

President Director of AXA Mandiri, Jean-Philippe Vandenschrick {Dok: AXA Mandiri}

Perkembangan teknologi dan komunikasi berdampak signifikan.

Marketplus.co.id – PT AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri), perusahaan asuransi yang berfokus pada bidang asuransi jiwa,  menggelar “Ngobrol Bareng di AXA Mandiri” bertempat di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu, 15 Maret 2017. Kegiatan diskusi ini bertujuan untuk membahas mengenai dampak perkembangan teknologi dan informasi pada perilaku konsumen dan tingkat konsumsi media.

Perkembangan dunia teknologi dan informasi menjadikan internet sebagai alat komunikasi yang banyak diminati oleh masyarakat. Menurut data dari Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII), pengguna Internet di Indonesia terus bertambah, yaitu dari 88 juta pengguna internet pada tahun 2014 menjadi 132,7 juta pada 2016 atau sama dengan 51% dari total populasi Indonesia. Pertumbuhan tersebut akan mendorong perubahan komunikasi konvensional menjadi modern dan serba digital.

President Director of AXA Mandiri, Jean-Philippe Vandenschrick, melalui siaran pers, Kamis, 16 Maret 2017, mengutarakan perkembangan teknologi dan informasi sangat mempengaruhi pola perilaku konsumen yang ingin serba praktis dan efisien dalam memilih dan konsumsi.

“Baik produk maupun jasa,” katanya.

Dia menambahkan melalui diskusi bertajuk “Ngobrol Bareng di AXA Mandiri”, AXA Mandiri ingin memberikan informasi dan pemahaman terkait perubahan perilaku konsumen seiring dengan berkembangnya industri teknologi. Perubahan perilaku ini menurut Jean-Philippe berdampak pada berbagai macam industri.

“Termasuk industri asuransi dan media,” ujarnya.

Perubahan perilaku konsumen tersebut juga dapat terlihat dari data yang disampaikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia. Data BPS menunjukkan jika perubahan perilaku konsumen ini salah satunya terlihat dari tren belanja online. Pertumbuhan e-commerce sejalan dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia. Menurut data BPS seperti dikutip dari liputan6.com, jumlah e-commerce di Indonesia tumbuh 17 persen dalam kurun waktu sepuluh tahun dengan total jumlah usaha sekitar 26,2 juta.

Perubahan perilaku konsumen tersebut juga berlaku untuk industri keuangan. Saat ini, cukup banyak transaksi atau lalu lintas keuangan yang memanfaatkan kanal digital. AXA Mandiri adalah salah satu pelaku di industri keuangan yang telah memanfaatkan jalur digital.

Director of Alternative Channel AXA Mandiri, Henky Oktavianus, mengatakan pada era digital ini dia melihat jika salah satu yang perkembangannya paling besar adalah arus informasi. Menurutnya, kini masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi mengenai apa pun melalui internet.

Oleh karena itu, AXA Mandiri menurut Henky membuka seluas-luasnya akses informasi untuk nasabah dan masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai asuransi.

“Baik melalui website, sosial media maupun email,” ujarnya.

Seiring dengan arus informasi melalui internet yang semakin deras, media massa menjadi salah satu industri yang turut berevolusi untuk beradaptasi dengan era baru ini. Media harus dapat menyajikan informasi dari cetak atau broadcasting menjadi serba digital yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja melalui komputer atau smartphone.

Selain itu, media massa kini juga diharuskan dapat mencari dan menyajikan informasi yang lebih cepat dan tepat untuk menyesuaikan dengan kebutuhan informasi konsumen masa kini. Melihat berbagai fakta tersebut, AXA Mandiri turut menghadirkan beberapa narasumber pada kegiatan “Ngobrol Bareng di AXA Mandiri”, guna memberikan informasi yang akurat sesuai dengan kondisi terkini.

Executive Director, Media, Nielsen Indonesia Hellen Katherina, Presiden Direktur PT Midtrans Ryu Kawano Suliawan dan presenter Rahma Sarita, juga turut hadir di dalam diskusi. Acara ini juga sekaligus menandai peluncuran kegiatan AXA Mandiri Press Club yang akan dilakukan rutin setiap tahunnya. Press Club akan mengangkat berbagai tema menarik sesuai dengan kondisi terkini.

Henky menambahkan kegiatan tersebut adalah salah satu upaya AXA Mandiri untuk menjaga kerja sama dengan rekan-rekan media.

“Sebagai garda terdepan informasi ke masyarakat,” katanya.

Editor: Yudho Raharjo

Top