NAVIGATION

Lima Rempah-Rempah Penyedap Masakan Favorit

Lima Rempah-Rempah Penyedap Masakan Favorit

Rempah jenis Pekak {Dok:cookpad.id}

Memiliki bentuk dan aroma yang berbeda satu sama lain.

Marketplus.co.id – Bagi Anda yang betah di dapur dan memiliki hobi memasak, pasti sudah tidak asing lagi dengan rempah-rempah. Rempah adalah tanaman aromatik yang memiliki peranan sangat penting dalam masakan karena fungsinya sebagai penyedap. Aroma dan rasa akan terpengaruh dengan kehadiran rempah-rempah ini.

Rempah yang digunakan untuk masakan pada umumnya kering dengan bentuk dan aroma yang berbeda satu sama lain. Berikut beberapa contoh rempah yang biasa ditambahkan ke dalam masakan seperti siaran pers yang diterima Marketplus.co.id dari cookpad.id, Jumat, 10 Maret 2017.

  1. Kapulaga

Nama lainnya adalah kardamon. Biji kapulaga biasa dijadikan bumbu masakan kari, gulai atau opor karena rempah ini bersifat menghilangkan bau amis daging.

Cara menggunakan kapulaga adalah dengan dimemarkan atau dihaluskan dan disangrai sehingga akan mengubah aroma anyir menjadi aroma yang harum dan menambah cita rasa masakan.

Rempah jenis Kapulaga {Dok:cookpad.id}
  1. Adas

Bentuknya sekilas seperti gabah kering. Aromanya sangat harum dan sedikit pedas, sering digunakan sebagai pengganti seledri pada sup. Masakan yang biasanya menggunakan adas antara lain sup ikan, acar juga bumbu kari.

Rempah jenis Adas {Dok:cookpad.id}
  1. Pekak

Terkenal juga dengan sebutan bunga lawang tapi pekak bukan bunga melainkan buah. Di negara Eropa, pekak disebut star anise karena bentuknya unik menyerupai bintang.

Pekak beraroma harum menyerupai adas namun masih kalah populer dibandingkan rempah lainnya seperti pala atau ketumbar. Cara pengggunaannya bisa langsung dimasukkan utuh ke dalam masakan tetapi dalam jumlah yang sedikit karena jika terlalu banyak akan membuat masakan terasa pahit.

Masakan India yang kaya rempah biasa menggunakan pekak atau di Indonesia biasanya ditambahkan pada masakan yang berbumbu tajam misal rendang atau gulai Aceh.

  1. Jinten

Di pasaran terdapat dua jenis yaitu jinten putih dan hitam. Jinten hitam lebih sering digunakan untuk pengobatan alternatif, sedangkan jinten putih dipakai dalam masakan dan pengobatan.

Mirip seperti kapulaga, jinten juga biasa digunakan dalam masakan seperti gulai, opor atau kari. Jinten memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui.

Jinten {Dok:cookpad.id}
  1. Kayu Manis

Kayu pengharum masakan ini pastinya sudah dikenal karena wanginya yang khas dan mudah diperoleh. Bagian kulit dari batang kayu manis dengan karakter rasa yang hangat, pedas, wangi dan sedikit wangi ini juga banyak digunakan untuk menambah cita rasa dalam kue. Penggunaannya bisa berupa bubuk kayu manis atau batangan utuh.

Kayu manis {Dok:cookpad.id}

Editor: Yudho Raharjo

Top