NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Ini Cara Aman Belanja saat Traveling di Asia Tenggara

Ini Cara Aman Belanja saat Traveling di Asia Tenggara

Utamakan transaksi non tunai.

Marketplus.co.id – Belanja merupakan kegiatan liburan paling populer setelah menikmati pemandangan di kawasan Asia Tenggara. Menurut studi Mastercard 2016 yang baru-baru ini dirilis, umumnya wisatawan menyisihkan hampir 20 persen anggaran liburan untuk berbelanja. Dan celakanya, para shopper ini juga menjadi target pelaku kriminal lokal. Utamanya, mereka yang masih jetlag dan ceroboh.

Salah satu cara traveling dengan aman ialah membiasakan diri melakukan transaksi non tunai saat berbelanja, dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit. Apalagi, pengguna kartu kredit atau kartu debit bisa mendapatkan nilai tukar terbaik. Berikut tips dari Mastercard, seperti ditulis dalam keterangan media, Sabtu 4 Februari 2017.

Bawa uang tunai secukupnya
Sebelum memulai kegiatan berbelanja Anda, luangkan waktu satu hingga dua menit untuk meneliti terlebih dahulu di mana saja kartu pembayaran dapat diterima. Hal tersebut dapat membantu Anda untuk merencanakan seberapa banyak uang tunai yang harus dibawa untuk toko-toko yang hanya menerima uang tunai.

Notifikasi
Daftarkan nomor telepon Anda dengan bank Anda untuk menerima notifikasi SMS, untuk memberikan Anda notifikasi dari setiap transaksi yang dilakukan.

Batasi kartu
Daripada membawa seluruh kartu pembayaran Anda, bawalah hanya kartu-kartu yang penting dan simpan sisanya, seperti pasport dan kartu pembayaran lainnya, di tempat yang aman seperti hotel Anda. Hal tersebut dapat selalu membantu Anda untuk memiliki backup apabila kartu Anda hilang atau dicuri.

Apabila Anda kehilangan kartu Anda, telepon bank Anda dan laporkan kehilangan tersebut secepatnya. Bank Anda akan dapat menolong untuk memblokir kartu Anda dan menghubungkan Anda dengan staf spesialis yang dapat memastikan bahwa Anda menerima bantuan uang tunai darurat.

Editor: Sica Harum 

Top