NAVIGATION

Yee Sang, Salad Ikan Khas Imlek Pembawa Keberuntungan

Yee Sang, Salad Ikan Khas Imlek Pembawa Keberuntungan

Yee Sang, salad ikan yang menjadi sajian khas Imlek. (market+/M.Iqbal)

Salad ikan yang segar, lambang kemakmuran.

Marketplus.co.id – Merayakan Tahun Baru China tentu akan terasa pas jika dilakukan dengan menyantap sajian khas Imlek di restoran dengan suasana Negeri Bambu. Salah satu resto yang tepat ialah Fook Yew Grand Indonesia yang menawarkan suasana Shanghai tempo doeloe.

Resto yang tergabung dalam Ismaya Group itu menyediakan menu khas Imlek seperti Yee Sang. Umumnya, salad ikan ala Tiongkok itu terdiri dari potongan sayuran, ikan salmon, keripik pangsit, kulit jeruk, kentang goreng, lalu ditambah bubuk lada, kayu manis, minyak, dan saus plum.

“Namun Yee Sang di Fook Yew itu beda karena kami menggunakan kepiting soka, bukan ikan salmon,” ujar  Assistant Brand Manager Fook Yew, Cynthia V. Utami, di gerai Fook Yew Grand Indonesia, Jakarta, pada Senin, 16 Januari 2017.

Cynthia mengungkapkan, ada tradisi khusus bersama keluarga atau para sahabat sebelum menyantap Yee Sang pada malam tahun baru. Sebelum makan, mereka bersama-sama mengaduk bahan Yee Sang hingga tersusun ke atas. Masyarakat Tionghoa percaya, jika mengaduk semakin tinggi, maka akan semakin makmur dalam segala hal. Konon, masyarakat Tionghoa mengaduk Yee Sang hingga tumpah karena itu simbol kesuksesan bagi yang memakannya.  

Menurut Cynthia, ada juga doa khusus sebelum menyantap Yee Sang.  Misalnya, ketika mencampur kepiting soka ke dalam sayuran, doanya ialah “nian nian you yu”, yang artinya keuntungan setiap tahun. “Saat menaburkan bubuk lada, ucapkan “hong yun tang tou”,  supaya mendapat keberuntungan,” ujar Cynthia.

Begitu juga halnya saat menaburkan bubuk kayu manis. Masyarakat Tionghoa akan berucap “ching chun yong chu”, yang artinya panjang umur. Lalu, juga ada doa saat menuangkan saus plum, yaitu “ching yi man tang”, yang berarti usaha lancar. Ketika menuangkan minyak, maka mengucapkan “wan se ru yi”, yang bermakna tercapai cita-cita. Terakhir adalah saat menaburkan keripik pangsit, maka mengucap “huang jin man ti”, artinya usaha berkilau.

Taro Fried Rice bisa disantap bersama Yee Sang. (Dok. Fook Yew)

Sentuhan Chinese fusion yang selama ini menjadi ciri khas Fook Yew masih terlihat dalam paket menu sajian khas Imlek. Yee Sang dapat disantap bersama makanan lain. Seperti Braised Mushroom with Beancurd Skin, Cold Dish Combination, Crab Meat & Chicken Soup, Crispy Salted Egg Fish (or Sweet & Sour), Deep Fried Tiger Prawn with Sweet & Spicy Sauce, Nian Gao (Chinese New Year Cake with Red Bean), Roasted Chicken & Duck, dan Taro Fried Rice.

Restoran ini menyediakan paket Lunar A dan B untuk 6 orang, serta paket Lunar C dan D untuk 8 orang. Keempat paket tersebut dibanderol dengan harga mulai dari Rp1.288.000,-.

Bagi masyarakat yang ingin merayakan Imlek di Fook Yew, dapat reservasi di hari libur atau saat perayaan Imlek. Fook Yew memiliki beberapa outlet di Jakarta, seperti Gandaria City, Grand Indonesia, Mal Kelapa Gading 5, dan Pacific Place.  “Paket ini tersedia hingga 12 Februari 2017,” Cynthia menambahkan.

Editor: Sica Harum

Top