NAVIGATION

Menatap Masa Depan, Menata Keuangan dengan Investasi Bijak Sejak Muda

Menatap Masa Depan, Menata Keuangan dengan Investasi Bijak Sejak Muda

Oleh: Ka Jit, Head of Individual Costumer Solutions Bank OCBC NISP.

Seiring bergulirnya waktu, dalam sekejap mata kita sudah kembali tiba di penghujung tahun. Menyambut tahun yang baru selalu menjadi waktu yang tepat untuk kilas balik dan merenungkan apakah kita semakin boros ataukah semakin bijak dalam mengelola keuangan di 2016?

Ketika telah memasuki hari-hari pertama di tahun 2017, kita tentu berharap tahun ini akan menjadi tahun yang lebih baik. Jadi marilah kita lirik beberapa strategi investasi yang bisa diterapkan to let your money grow faster!

Mulailah Sejak Dini

Mengapa? Karena masa akumulasi dana akan lebih panjang saat usia produktif. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilah “kantong” untuk setiap pos pengeluaran dan tujuan keuangan. Karena dengan banyaknya kebutuhan seseorang, maka harus dipastikan bahwa satu kebutuhan atau tujuan keuangan tidak tumpang tindih.

Tentukan Tujuan dan Jumlah Target Dana

Untuk mempertahankan lifestyle, mempersiapkan dana pensiun menjadi crucial. Maka, perlu dipastikan bahwa kita memiliki alokasi dana khusus untuk dana pensiun ini. Langkah berikutnya adalah, mengetahui besaran dana yang dibutuhkan ketika mulai memasuki usia pensiun. Saat ini sudah banyak institusi keuangan yang menyediakan jasa Financial Calculator yang dapat membantu menghitung besarnya kebutuhan dana tujuan di masa depan dengan cara mudah dan cepat.

Strategi Alokasi Dana

How?  Pemilihan strategi alokasi investasi sesuai dengan profil risiko kita berperan sangat penting di sini. Ada beberapa prinsip berinvestasi yang terkesan klise tapi perlu dicamkan baik baik.  Low risk, low return dan high risk, high return: Setiap instrumen investasi, mulai dari tabungan hingga Reksa Dana saham memiliki risiko dan potensi keuntungan yang berbeda-beda. Dollar cost Averaging: Jangan lupa pula untuk melakukan investasi secara bertahap dalam jangka waktu yang lebih lama, sehingga  jumlah dana yang perlu dialokasikan dapat menjadi lebih kecil

Review Berkala

Lakukan review berkala setidaknya setiap enam bulan untuk memastikan strategi invetasi yang kita pilih masih sesuai untuk mencapai tujuan keuangan.

Selamat Tahun Baru, Salam Berinvestasi!

Editor: Yudho Raharjo

Top