NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Empat Cara Membedakan Sneaker Asli atau Palsu

Empat Cara Membedakan Sneaker Asli atau Palsu

Ragam sneakers yang meramaikan Jakarta Sneakers Day 2017. (market+/M.Iqbal)

Harga menentukan kualitas dan kenyamanan.

Marketplus.co.id – Seiring tren fashion street wear di Indonesia, permintaan pasar atas sneaker terus meningkat. Akibatnya, banyak bermunculan sneaker palsu. Apalagi harga sneaker tergolong mahal di pasaran, sehingga memancing banyak pihak memproduksi sneaker tiruan demi mendapatkan keuntungan yang banyak.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa sepatu yang mereka pakai ialah sepatu palsu,” ujar Manager Iwa K, Remon Nessa, dalam acara Konferensi Pers Jakarta Sneakers Day, di Kolega Co-Working Space Jakarta, Jum’at, 13 Januari 2017.

Ia juga berbagi tips membedakan sneaker asli dan yang tiruan. Sebab, mengenakan sepatu asli lebih baik meskipun harganya mahal. “Harga menentukan kenyamanan sepatu,” ujarnya. 

Cek Kualitas Bentuk dan Warna

 

Ada kualitas sneaker asli yang sudah bisa terlihat dari material dan warna, tanpa harus disentuh. Remon yang memakai sneaker dalam aktivitas sehari-hari ini mengatakan, sepatu asli dan palsu bisa terlihat dari warna. Menurutnya, warna sepatu tidak bisa ditiru sama persis. Begitu juga halnya dengan bentuk. Sneaker asli berbentuk lebih besar.

 

Material

 

Untuk menentukan sepatu sneaker asli atau tidak, juga dapat dilihat dari material sepatu. Remon mencontohkan, material sepatu Jordan 11 Space Jam berasal dari kulit asli. Sedangkan versi palsunya terbuat dari kulit sintetis. Material jenis sepatu ini juga mengkilap. Sementara yang palsu, materialnya doff, atau agak gelap.

Jordan 11 Space Jam yang asli terlihat mengilat. (market+/M.Iqbal)

 

Jahitan Sepatu

 

Sepatu sneaker yang asli juga dapat dilihat dari jahitannya. Jarak jahitan pada sneakers yang asli akan terlihat rapi, dan agak lebar.  “Cari informasi terlebih dahulu. Kuasai kualitas asli, baru bisa membedakan mana sepatu asli atau palsu,” ujar Remon.

Harga

Harga ialah penanda paling mudah apakah sneaker itu asli atau palsu. Jika terasa murah, bisa jadi itu bukan sneaker asli. Khusus bagi pemburu sneaker di toko-toko online, Remon menyarankan agar lebih dulu tahu harga di toko fisik. Sebab sneaker asli tidak akan dijual dibawah harga retail.

 

Senada dengan pendapat Remon, Founder North Sneaker Squad, Vellen Roeslan, menyebutkan, semirip apapun sneaker tiruan dengan aslinya, pada ada catat. Menurutnya, saat ini banyak sneaker yang hampir mirip seperti aslinya, di China.

“Sebab memang sebagian produksi sneaker dilakukan di sana,” ujarnya. 

Editor: Sica Harum

 

Top