NAVIGATION

Layanan Katering Sehat Online, Ceruk Bisnis yang Menjanjikan

Layanan Katering Sehat Online, Ceruk Bisnis yang Menjanjikan

Konsumen makin menuntut kepraktisan.

Marketplus.co.id – Katering makanan sehat menjawab kebutuhan orang yang membutuhkan cara lebih praktis untuk hidup lebih baik. Dilihat dari besar pasarnya, bisnis ini terlihat menjanjikan. Gorry Gourmet, salah satu penyedia katering secara online, mengaku telah melayani rata-rata 600 hingga 3.000 pesanan per hari. Pelanggan layanan tersebut tercatat lebih dari 100 ribu, dengan lima persen diantaranya merupakan pelanggan tetap.

Secara umum, bisnis kuliner memang moncer. Data Parama Indonesia dari PT LiMA Ventura menyebutkan, dalam lima tahun terakhir, sektor kuliner Indonesia tumbuh rata-rata tujuh hingga 14 persen per tahun. Data tersebut serupa dengan temuan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf). Dari 16 sub sektor ekonomi kreatif, kuliner menjadi satu dari tiga sub sektor yang berkontribusi 30 persen bagi perekonomian kreatif.

“Kuliner sudah jadi gaya hidup,” ujar Deputi Akses Permodalan Bekraf Fadjar Hutomo, di Jakarta.

Bisnis kuliner yang berkembang bukan hanya dalam wujud resto dan kafe, tapi juga layanan online. Umumnya, orang-orang kantoran yang membutuhkan makanan variatif tanpa harus berlama-lama ke resto di jam makan siang, akrab dengan layanan katering online.

Ada sejumlah pemain dalam bisnis katering online. Antara lain, Berrykitchen, Kulina, hingga Bekalku. Yang spesifik menyediakan kebutuhan asupan diet sehat pun tak sedikit. Slim Gourmet, Gorry Gourmet, Blekros, hingga 3 Skinny Minnies milik artis Dian Sastro.

“Umumnya yang masuk ke website kami memang sudah berniat mencari makanan sehat, sengaja mau diet,” tutur William Susilo, Co Founder dan CEO Gorry Gormet.

(Ki-Ka): CEO Gorry Gourmet William Susilo, Associate Director Inka Nurlatifa, dan COO Herry Budiman. (market+ / Agus Siswanto)

Gorry Gourmet yang ia dirikan bersama Herry Budiman, pada 2014, ialah buah dari pengalaman pribadi. William pernah bekerja kantoran, dan terjebak pada pola makan yang salah. Sampai suatu hari ia membaca artikel yang menyebutkan bahwa kondisi fisik paling sempurna seorang manusia ada pada usia 26 tahun.

“Kalau usia 26 tahun aja udah ngos-ngosan saat naik tangga, gimana nanti tuanya,” kata William.

Terpicu artikel itu, ia melakukan riset sendiri. William yang jarang berolahraga dan mudah lelah itu, mulai membaca banyak literatur secara obsesif. Dengan disiplin ia menjalani komitmen untuk berhenti makan junk food dan menggantinya dengan makanan sehat. Hasilnya terlihat dalam 2,5 bulan.

“Dulu, saya lebih berat 20 kilogram daripada sekarang,” katanya.

Bermitra dengan Herry, ia mantap menjalankan bisnis Gorry Gourmet demi menyebarkan pengalaman positif yang ia rasakan. Mereka sepakat, makanan sehat harus lebih mudah diakses dalam wujud menu yang variatif dan menyenangkan.

Gorry Gourmet menyediakan layanan jasa konsultasi gratis dari ahli nutrisi. Untuk varian menu, mereka menggandeng sejumlah chef ternama. Yang baru saja bergabung, Chef Muzab sebagai Executive Chef. Muzab yang telah memiliki sejumlah pengalaman di dunia kuliner internasional lebih dari 23 tahun diharapkan mampu memperkuat inovasi menu sehat suguhan Gorry Gourmet.

Seperti halnya Gorry Gourmet, layanan katering sehat Slim Gourmet juga menyediakan layanan konsultasi nutrisi. Bagi yang serius dan berkomitmen diet, konsultan Slim Gourmet siap membantu menjawab segala pertanyaan dan memberikan solusi.

Adapun Blekros secara spesifik menyasar peminat program diet mayo yang mulai populer sekitar dua tahun silam. Pemiliknya, Vita Siregar ialah pengacara dengan jam kerja panjang yang kemudian menjadi praktisi diet mayo. Diet tersebut sukses ia jalankan sehingga Vita mengembangkannya menjadi bisnis, dan dipasarkan secara online.

“Bisnis kuliner yang berbasis teknologi akan tumbuh, karena saat ini konsumsen cenderung menginginkan yang lebih simpel,” ujar Direktur PT LiMa Ventura Fadri Effendy.

Editor: Yudho Raharjo

Top