NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Ingin Brand Lebih Dikenal di Dunia Digital? Buat Video!

Ingin Brand Lebih Dikenal di Dunia Digital? Buat Video!

Semakin banyak dilihat, semakin besar kemungkinan menjadi top of mind.

 

Marketplus.co.id – Sebanyak delapan juta video di Youtube ditonton tiap bulan di Indonesia, jauh lebih banyak dibanding jumlah pencarian di mesin pencari Google Indonesia sebesar 72 juta selama 2016. Hal itu dikemukakan Veronica Sari Utami, Head of Marketing Google Indonesia pada acara Re-Launch Superbrands, di Jakarta, Kamis, 19 Januari 2017.

Data itu bisa jadi menggoncang keyakinan banyak orang selama ini, yang menilai harga paket data masih mahal, atau koneksi yang buruk sehingga rasanya tak mungkin lebih banyak orang mencari video di Youtube ketimbang mengetikkan kata-kata di mesin pencari Google.

Surprisingly, itu faktanya,” kata Veronica.

Artinya, brand sudah harus mulai serius membuat konten dalam format video yang berpotensi dilihat dan dibagikan banyak orang. Hal itu dapat meningkatkan visibility di internet. Semakin banyak dilihat, semakin besar kemungkinan bahwa brand tersebut menjadi top of mind.

Apalagi, berdasarkan data Nielsen Indonesia, kebanyakan konsumen menggunakan internet untuk mendapatkan informasi terkait produk.

“Sebanyak 53 persen responden kami menyatakan bahwa mereka mengakses digital dan media sosial untuk menemukan produk pilihannya,” jelas Hety Riatono, Consumer Insight Director Nielsen Indonesia.

Survei itu melibatkan 1.650 responden perempuan dan lelaki berusia 18-55 tahun kelas menengah ke atas di enam kota besar di Indonesia. Yaitu di Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, dan Semarang.  Dari semua responden, sebanyak 53 persen dari responden mengakses internet setiap hari, dan 97 persen diantaranya mengakses lewat ponsel.

 

Hasil survei juga mengungkapkan bahwa rata-rata responden yang mengaku mengetahui Superbrands sudah diatas 75 persen di setiap kota. “Yang tertinggi di Makassar. Sebanyak 87 persen dari responden mengetahui Superbrands. Setelah itu Surabaya dan Jakarta,” jelas Hety.
Sebanyak 50 persen responden memilih brand dengan label Superbrands sebagai produk terpercaya.

“Di era digital seperti saat ini, memenangkan kepercayaan konsumen menjadi sangat penting,” ujar Grandtyana Mayasari, CEO Superbrands Indonesia.

 

Superbrands merupakan lembaga arbiter internasional terbesar di dunia. Hadir sejak 30 tahun lalu, Superbrands aktif beroperasi di 92 negara. Adapun Superbrands Indonesia diresmikan sejak 2004.  “Superbrands membantu brand untuk berkembang sebagai produk berkualitas yang dibutuhkan pasar, di tengah persaingan yang ketat,” ujar Grandtyana.

 

Menurutnya, menjadi brand yang teruji dan terpercaya merupakan dua hal utama agar bisnis berkembang dan menang di pasar. Sebuah brand juga harus fokus mengedepankan nilai produk dan mengemasnya agar terpercaya oleh konsumen.

 

Editor: Yudho Raharjo

Top