NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Abie Abdillah, Fokus Sasar Amerika Serikat dan Eropa

Abie Abdillah, Fokus Sasar Amerika Serikat dan Eropa

Abie Abdillah. (market+/Afriandi)

Biasa bermain di dekat kursi rotan saat kecil, Abie Abdillah pada akhirnya benar-benar menekuni desain rotan.

Marketplus.co.id Tahun 2016 diingat Abie Abdillah sebagai momentum yang penuh akreditasi internasional. Di bawah bendera StudioHiji, karya-karya Abie berupa desain rotan yang kontemporer dan fungsional, malang melintang di ruang-ruang pamer internasional. Mulai dari Chicago hingga Milan.

“Ada yang sedang kami siapkan dengan Vivere, untuk masuk ke pameran di Jerman tahun depan,” ujar Abie di Jakarta, Jumat, 18 November 2016.

Tahun depan, StudioHiji akan fokus dengan dua pasar tujuan ekspor utama, yaitu Amerika Serikat dan Eropa. Pasar AS, menurut Abie, merupakan pasar yang masih menghargai rotan. Sedangkan Eropa, memang merupakan pasar yang sesuai dengan gaya desain produk StudioHiji yang kontemporer.

Meski menyasar ekspor, Abie tak melupakan pasar domestik. Apalagi, kondisi ekonomi Indonesia termasuk yang sehat.

Di Indonesia, karya StudioHiji juga mengisi ruang publik, seperti di ruang tunggu Bandara Husein Sastranegara, Bandung. Ini seperti ‘salam selamat datang’ yang pas di Jawa Barat. Sebab kerajinan rotan, memang banyak terdapat di Cirebon, Jawa Barat.

“Sekarang kami siap-siap meluncurkan koleksi 2017. Sekaligus juga lebih serius menggarap identitas brand. Jadi bukan lagi personal, tapi lebih ke perusahaan, lebih ke StudioHiji-nya,” ujar lulusan Desain Produk Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung itu.

Memberi nilai tambah

Urusan desain, masih dipegang Abie seluruhnya. Namun kini ia didukung tim bisnis, juga tim riset dan pengembangan produk yang lebih serius. “Kita juga akan memperluas jejaring dari yang saat ini sudah kita punya dan kita susun.”

Di Eropa, kursi rotan yang didesain dengan baik bisa dihargai hingga 1.500 Euro. Tentu saja ini akan memberi nilai tambah tak sedikit. Apalagi, bahan baku rotan sangat melimpah di Indonesia. Hampir 85% kebutuhan rotan di dunia bisa terpenuhi dari Indonesia. Hanya saja, masih dimanfaatkan terbatas sebagai bahan baku ekspor, yang dihargai 100-200 Euro.  “Harapan saya, kelak harga produk rotan yang didesain dengan baik bisa terasa efeknya sampai ke hulu, bukan hanya di hilir,” ujar lelaki 29 tahun itu.

Untuk itu,  tim riset dan pengembangan StudioHiji akan lebih serius mengulik material rotan, hingga teknik pengolahannya. Sekaligus secara konsisten terus berinovasi mengembangan produk. Baik dari sisi visual, struktur, dan kenyamanan penggunaan rotan. Apalagi, setiap jenis rotan punya karakter masing-masing. “Kami paham betul material rotan, sehingga desain kami akan menonjolkan struktur rotan sebagai bagian dari estetika produk itu sendiri,” tambah Abie.

Dengan begitu, kata Abie, StudioHiji dapat berkembang menjadi perusahaan yang menawarkan produk rotan bernilai lebih, berbasis desain. Impiannya, kelak rotan mejadi ikon Indonesia, seperti China dengan bambu-nya.

 

Editor: Yudho Raharjo

Top