NAVIGATION

Tujuh Kafe di Cikini yang Cocok Bagi Freelancer

Tujuh Kafe di Cikini yang Cocok Bagi Freelancer

Mudah diakses dan dilengkapi wifi.

Marketplus.co.id – Cikini, kawasan elit tempo doeloe tak cuma Taman Ismail Marzuki ataupun nostalgia rasa kuliner legendaris yang bertahan. Kawasan itu kini dipenuhi kafe-kafe yang kekinian dan instagramable, plus jadi tempat ideal untuk disambangi para freelancer. Ini tujuh diantaranya, hasil rangkuman marketplus.co.id.

Workroom Coffee

Salah satu kafe di Cikini yang populer di kalangan freelancer ialah Workroom Coffee. Letaknya tepat berseberangan dengan Menteng Huis. Perlu diingat, kafe ini tidak menyediakan smooking room. Sesuai namanya, Workroom, tempat ini enak dipakai untuk kerja karena ambience-nya terasa seperti co-working space. Urusan listrik, tak jadi soal sebab disediakan banyak stop kontak yang memudahkan para tamu untuk nge-charge laptop atau ponsel. 

Workroom Coffee di Cikini. (IG @workroomcoffee)

Di Workroom Coffee terdapat sajian ala Western, salah satunya Blueberry Burger, yang layak dijadikan cemilan. Untuk santapan makan siang, beberapa menu andalan adalah Chicken Satay Rice Bowl, Rice Bowl Chicken Sambal Matah, dan Beef with Maranggi Sauce. Workroom Coffee juga menyediakan Peach Danish dan secangkir kopi Cappuccino. Kedua menu tersebut banyak disukai pengunjung saat weekend.

Workroom Coffee terletak di Jalan Cikini Raya No. 9, Jakarta Pusat. Kafe ini buka setiap hari, mulai pukul 10:00 WIB hingga 22:00 WIB.

Bakoel Koffie

Berada tak jauh dari Workroom Coffee, Bakoel Koffie di Cikini sesungguhnya bukan kafe baru di kawasan ini. Tampak vintage dari depan, kafe ini memang punya sejarah bisnis panjang. Bahkan bisa dibilang, Bakoel Koffie merupakan kedai kopi paling tua di Indonesia, kini dikelola oleh generasi ke-empat. Total ada empat kedai di Jakarta. Di Bakoel Koffie Cikini,  terdapat ruangan VIP dan area khusus bagi perokok. 

Bagi pecinta kopi, tentu tak melewatkan Kopi Hitam. Pilihan lain, Cappucino dan Macciato yang terasa nikmat. Untuk makanan, didominasi menu Asia dan Western. Salah satu hidangan beratnya ialah Mongolia Rice Bowl, makanan yang memadukan protein dan sayuran. Menu makanan ini dapat menjadi santap siang Anda. Sedangkan untuk menu khas Indonesia, kafe ini menyajikan Mie Onglok Wonosobo.

Bakoel Koffie beralamat di Jalan Cikini Raya No. 25, Jakarta Pusat. Kafe ini buka selama 15 jam setiap hari, mulai pukul 09:00 WIB.

Tjikini

Masih di Jalan Cikini Raya, ada satu lagi kafe yang menu-menunya sangat khas Indonesia. Antara lain Bubur Kacang Hijau, Bubur Ketan Hitam, Tape Bakar, Pastel, Pancake, Makaroni Panggang, Ketan Serundeng, Gado-Gado, Soto Ayam, Rawon, serta Ikan Kembung Bumbu Taoco.

Tak hanya makanannya, menu minuman yang disajikan juga khas Asia. Seperti Kopi Single Origin yang terdiri dari Aceh Gayo, Toraja, dan Lintong. Tersedia juga Kopi House Blend Tjikini, Teh Tarik, Sekoteng serta Es Kopi Susu. Bagi Anda penggemar masakan daerah khas Indonesia, bersantap di kafe ini bisa menjadi pilihan.

Tjikini juga menjadi kafe di Cikini yang sering dijadikan venue acara diskusi buku.  Bagi para perokok, kafe ini juga menyediakan smooking room. Kedai Tjikini beralamat di Jalan Cikini Raya No. 17, dan buka setiap hari, mulai pukul 08:00 – 23:00 WIB. Sediakan dana sekitar Rp150 ribu untuk bersantap berdua.

Tjikinii Lima

Masih di kawasan Cikini, terdapat Tjikinii Lima yang punya ruang terbuka dengan tampilan instagramable. Terdapat meja-meja yang panjangnya ideal untuk bekerja bersama. Di tempat ini, Anda bisa memesan art coffee latte. Untuk makan siang, kafe di Cikini ini menawarkan beragam menu. Antara lain Bebek Betutu, Cumi Goreng, Mie Goreng Jawa, Chicken Wings, dan masih banyak lagi. Bagi para penggemar steak, salah satu steak yang disajikan di tempat ini ialah Chicken Grill Steak.

Selain makanan berat, Tjikinii Lima juga menyediakan menu cemilan, yaitu Crunchy Nachos dan Banana Fritters. Beberapa fasilitas yang ada di tempat ini ialah ruang sholat, area merokok, serta banyak stop kontak untuk memastikan ponsel atau laptop selalu on.

Dengan suasana outdoor yang luas, menjadikan Tjikinii Lima sangat instagrammable. Berada di Jalan Cikini I No. 5, kafe ini buka pada hari Senin-Kamis (pukul 10:00-22:00 WIB), Jum’at-Sabtu (10:00-24:00 WIB), dan Minggu (10:00-22:00 WIB).

Up2Yu Resto dan Cafe

Kafe ini memang tidak ber-AC, namun para tamu tidak akan merasa gerah. Pasalnya, Up2Yu Resto dan Cafe tepat berada di samping kolam renang Cikini. Soal menu, banyak yang merekomendasikan Nasi Goreng Gila dan Tape Bakar, yang cocok disantap sambil melihat pemandangan kolam renang.  

Tempat nongkrong ini buka setiap hari, mulai pukul 10:00-23:00 WIB, kecuali hari Jum’at dan Sabtu hingga pukul 00:00 WIB. Untuk Anda yang tertarik ke kafe ini, disarankan untuk datang pada sore menjelang malam demi menikmati senja sambil melahap hidangan.

Sebagai informasi, kafe ini menyediakan ruang sholat dan ruangan khusus untuk merokok. Lokasi Up2Yu Resto & Cafe mudah dicari, karena berada di Unit 09, GF, Ibis Budget Hotel Cikini, tepatnya di Jalan Cikini Raya No. 75, Jakarta Pusat.

Alibi Coffee

Kafe di Cikini yang ter-hits lainnya adalah Alibi Coffee. Dengan mengusung konsep unfinishing wall dan furnitur yang simple, dekorasi kafe ini di desain secara minimalis. Fasilitas yang disediakan di kafe ini antara lain adanya smooking room dan tempat duduk di luar kafe.

IG @alibicoffee

Untuk acara ngupi-ngupi cantik, tersedia menu Nutella Toast dan Caramel Machiato Latte. Bagi para pecinta mie, Coffee Shop ini juga menyajikan menu Indomie Rebus Alibi. Tak hanya itu, Alibi Coffee juga mempunyai sajian Western. Seperti Blackpper Beef, Tuna Pasta, Carbonara Pasta, dan lainnya.

Alibi Coffee berlokasi tak jauh dari Markobar, yaitu di Jalan Raden Saleh No. 45 C, Cikini, Jakarta Pusat. Bagi Anda yang berminat ke sini, kafe ini buka pada hari Senin- Jum’at (13:00-22:30 WIB), dan Sabtu (13:00-24:00).

Giyanti Coffee Roastery

Tak jauh dari pasar Cikini, terdapat Jalan Surabaya yang terkenal dengan deretan kios barang-barang antik. Giyanti Coffee Roastery terletak berseberangan dengan salah satu kios tersebut, tepatnya di Jalan Surabaya No 20. Tempatnya agak tersembunyi meski masih tergolong mudah ditemukan. Saat masuk ke dalam, aroma wangi kopi sudah tercium. Tempat ini terkenal dengan piccolo-nya, yaitu sejenis kopi latte dengan perbandingan kopi lebih banyak ketimbang susu.

Piccolo, menu kopi yang laris di Giyanti Coffee Roastery. (IG @giyanticoffee)

Kini dengan ruangan yang lebih besar, tempat ini enak disambangi saat Anda butuh waktu produktif di pagi hari, atau sekadar kongkow sore. Tersedia aneka varian kopi asli Indonesia berteman deretan sajian bakery, mulai dari cake pandan yang lembut hingga brownies yang legit. Buka tiap Selasa-Sabtu, pukul  09.30 – 17.30 WIB.

Editor: Sica Harum

Top