NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Unjuk Bakat Desainer Muda Indonesia di Singapore Fashion Week

Unjuk Bakat Desainer Muda Indonesia di Singapore Fashion Week

Karya debut dengan siluet maskulin.

Marketplus.co.id – Delia Kartika, lulusan MDIS School of Fashion & Design asal Indonesia menggelar koleksi kreatifnya di Singapore Fashion Week 2016. Koleksi debutnya, dinamai “Different” dimaksudkan untuk menunjukkan kekuatan dan sifat independen, serta kesetaraan gender dengan pria.

“Sebetulnya itu terinspirasi dari tipe kepribadianku, ingin menunjukkan sebuah kekuatan maskulin yang melindungi sisi lembut yang saya miliki,” tutur Delia melalui keterangan media tertulis.

Dalam koleksinya, Delia memanfaatkan¬†siluet hitam yang melambangkan sisi maskulin untuk melapisi sifat feminin. Untuk itu, banyak digunakan ornamen gaya militer seperti tali, ritsleting, logam, kantong dan kompartemen ritsleting. “Bisa dibilang, desain ini menggambarkan sebuah perlindungan bagi emosi manusia,” jelas perempuan 22 tahun itu.

Gaya desain menunjukkan aspek maskulin yang menjaga sisi lembut perempuan. (Foto: Dok. Delia Kartika)

Delia yang sempat belajar sains kemudian segera banting stir ke dunia fesyen karena penasaran. Ia yang memang suka menggambar punya keingintahuan besar terkait bagaimana fashion dipandang dari budaya yang berbeda-beda. Delia mulai kuliah di MDIS School of Fashion & Design pada 2013, dan senang dengan prosesnya. Saat lulus, Delia berkesempatan untuk menampilkan koleksi perdananya dalam acara fashion bergengsi di Singapura pada bulan Oktober lalu – Singapore Fashion Week 2016.

Menandai debutnya sebagai desainer muda berbakat dari Indonesia, Delia memamerkan karya desain kreatifnya di runway sebagai bagian dari MDIS Graduation Show 2016 yang kedua, dari School of Fashion & Design, yang bekerjasama dengan Nottingham Trent University, Inggris. MDIS Graduation Show menjadi panggung bagi enam desainer muda dari Asia untuk menampilkan bakat mereka.

Salah satu karya dari koleksi debut Delia Kartika. (Foto: Dok. Delia Kartika)

Umumnya, karya desain mereka terinspirasi dari eksplorasi diri, kebebasan, serta berbicara mengenai kekuatan, keberanian, kerentanan dan kelembutan; yaitu berbagai macam aspek dan esensi dari seorang wanita.

“Saya percaya bahwa Indonesia memiliki potensi luar biasa untuk mengembangkan industri fashion, dan saya senang bisa turut ambil bagian,” ujarnya.

Editor: Sica Harum 

 

Top