NAVIGATION

Strategi Stabilo Tumbuhkan Semangat Wirausaha di Kalangan Pelajar

Strategi Stabilo Tumbuhkan Semangat Wirausaha di Kalangan Pelajar

Terpilih enam sekolah terbaik.

Marketplus.co.id – STABILO® melalui pt. Datascrip selaku distributor tunggalnya di Indonesia menggelar STABILO® Youth Entrepreneurship Competition 2016 untuk kalangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Kompetisi yang mulai diadakan sejak Oktober hingga awal Desember 2016 tersebut bertujuan untuk memberikan pembelajaran kewirausahaan sekaligus memunculkan bibit-bibit wirausaha muda baru. Terpilih enam sekolah terbaik yang berhak mendapatkan hadiah total puluhan juta rupiah.

STABILO® Youth Entrepreneurship Competition 2016 adalah kompetisi wirausaha yang diikuti oleh 18 SMK dari wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat. Masing-masing sekolah mengirimkan satu tim dengan perwakilan lima siswa terbaiknya. Pada tahap awal, para peserta dikumpulkan untuk mendapatkan pelatihan kewirausahaan dari mentor dan champion sales trainer, Dedy Budiman. Mereka dibekali materi “Strategi Sukses Menjadi Wirausaha Muda”. Pengetahuan tentang pola pikir entrepreneur, motivasi, riset pasar, strategi pemasaran dan penjualan juga disampaikan secara menyeluruh. Para peserta sangat antusias untuk menggali lebih dalam agar bisa diimplementasikan saat kompetisi.

Para peserta ditantang untuk mendistribusikan paket produk STABILO® dalam rentang waktu yang telah ditentukan. Mereka dibekali dengan materi promosi seperti mobile display, rack display, dan roll banner. Dalam pelaksanaannya, peserta diberikan kebebasaan kreativitas untuk melakukan strategi pemasaran dan penjualan. Dari hasil pantauan salama kompetisi, para peserta tidak hanya melakukan penjualan secara konvensional ke lingkungan sekolah, melainkan juga menjajakan dagangannya ke tempat-tempat keramaian hingga melalui media sosial, seperti Facebook dan Instagram. Bahkan ada tim yang menggandeng rekan-rekannya untuk menjadi channel distribusi sehingga penjualan produknya lebih cepat dan lebih banyak.

Selain itu, peserta juga diwajibkan memberikan laporan tiap minggunya melalui sistem khusus yang bisa diakses secara online. Hal ini untuk pembelajaran agar peserta bisa membuat laporan secara sistematis, rapi, dan teratur.

Division Director PT. Datascrip, Sylvia Lionggosari melalui siaran pers, Kamis 29 Desember 2016 mengutarakan melalui STABILO® Youth Entrepreneurship Competition 2016 kali ini, para siswa dapat mempraktikkan secara langsung mata pelajaran kewirausahaan yang diperoleh di sekolah.

Antusiasme para peserta menurutnya luar biasa. Sylvia mengatakan mereka begitu kreatif dalam memasarkan dan menjual produk STABILO®.

“Yang diberikan panitia,” katanya.

Peserta dengan perolehan penjualan terbanyak berhak menjadi juara pertama, yaitu SMKN 8 Bandung. Mereka berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 10.000.000,-. Juara kedua adalah SMK Al Hidayah 1 Jakarta mendapatkan hadiah uang tunai Rp. 7.500.000,-. Sementara Juara ketiga adalah SMK Bhakti Idhata Jakarta mendapatkan hadiah uang tunai Rp 5.000.000,-.

Juara Harapan 1 yaitu SMK N 1 Bandung mendapatkan hadiah uang tunai Rp 3.500.000,-; Juara Harapan 2 yaitu SMK Pasundan 1 Bandung mendapatkan hadiah berupa uang tunai Rp 2.000.000,-; dan Juara Harapan 3 yaitu SMK N 2 Bandung mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 1.000.000,-.

Sutriyono, salah satu anggota tim dari SMK N 8 Bandung mengatakan dirinya senang bisa mengikuti STABILO® Youth Entrepreneurship Competition 2016 dan bangga bisa terpilih menjadi juara pertama. Kompetisi ini menurutnya  tidak hanya memberikan pengetahuan dan pengalaman langsung tentang cara menjual produk, melainkan juga cara memasarkan, membuat laporan, dan yang paling penting yaitu motiviasi.

“Untuk bisa menjadi pengusaha tangguh,” katanya.

Editor: Yudho Raharjo

 

 

Top