NAVIGATION

Strategi BRI Tingkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah

Strategi BRI Tingkatkan Daya Saing Usaha Kecil Menengah

Ilustrasi produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) {Dok.www.Pexels.com}

Antara lain terus mendorong terciptanya rumah kreatif BUMN.

Marketplus.co.id – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. terus mendorong terciptanya Rumah Kreatif Badan Usaha Milik Negara (RKB) di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Terakhir, BRI meresmikan Rumah Kreatif BUMN di Jalan Adi Sucipto Manahan Surakarta, Solo, Jawa Tengah, pada Minggu 11 Desember 2016 lalu. Turut hadir dalam peresmian tersebut Menteri BUMN, Rini M. Soemarno dan Direktur Utama BRI Asmawi Syam.

Dengan peresmian tersebut, kini BRI telah memiliki 17 RKB yang tersebar di seluruh Indonesia, mulai dari Yogyakarta, Gianyar, Mataram, Manado, Makassar, Bukittinggi, Serang, Jakarta, Tasikmalaya, Pekalongan, Sidoarjo, Banjar, Banda Aceh, Jayapura, Kendari, Bandung dan Solo.

Corporate Secretary BRI, Hari Siaga Amijarso, melalui isiaran pers yang diterima Marketplus, Selasa 13 Desember 2016, mengemukakan BRI berkomitmen untuk menciptakan RKB, sebagai dukungan nyata sinergitas BUMN menyiapkan wadah sebagai pusat edukasi, sarana pembinaan dan pengembangan.

“Serta digitalisasi UMKM,” ujarnya.

RKB di Solo sendiri dilengkapi dengan ruang display, yang akan digunakan untuk memamerkan produk UMKM unggulan di Solo, di antaranya Batik Canthing Solo, Batik Solo SYN, Batik Putra Laweyan, CV. Anna Craft dan Kerajinan Tembaga Muda Tama. Selain mendapatkan pembinaan dan pelatihan, di RKB para pelaku UMKM dapat langsung memasarkan produknya secara on-line melalui situs blanja.com. Menurut Hari Siaga, dengan pemanfaatan situs blanja.com sebagai etalasi online maka penjual tidak lagi dibatasi oleh ruang dan waktu, memiliki jangkauan pemasaran produk lebih luas dan manajemen usaha yang lebih efektif

“Sehingga akan meningkatkan daya saing,” ujarnya.

Rumah Kreatif BUMN di Solo terdiri dari empat ruangan utama, yaitu Ruang Registrasi, Ruang Konsultasi, Ruang Pelatihan dan Ruang Display. Ruang Registrasi digunakan untuk pendaftaran dan analisis kompetensi UMKM, ruang ini dilengkapi dengan perangkat Personal Computer (PC) untuk mengakses situs rkb.id.

Sementara Ruang Konsultasi digunakan sebagai ruang konsultasi UMKM dan proses digitalisasi produk, serta dilengkapi perangkat PC dan TV untuk mengakses situs blanja.com. Selanjutnya Ruang Pelatihan dan Ruang Display digunakan untuk kegiatan pelatihan UMKM dan juga sebagai ruang display produk UMKM unggulan. Selain sarana tersebut, RKB juga dilengkapi dengan prasarana pendukung seperti jaringan internet yang kencang serta petugas yang memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada UMKM.

Editor: Yudho Raharjo

Top