NAVIGATION

Travelling guide for travel enthusiast

businesstravel

Kini, semua orang dapat merasakan indahnya berlibur ke semua destinasi wisata tanpa perlu banyak pertimbangan lagi. Mulai dari destinasi cantik baik di dalam negeri maupun destinasi lainnya di manca negara. Harga tiket pesawat yang semakin terjangkau membuat semua orang dapat bepergian sesuka hati mereka ke banyak destinasi.

Pasti Anda akan bertanya, apa hubungannya antara seringnya Anda traveling dengan Personal Branding? Jawaban saya: banyak. Salah satunya ialah memperkaya pengalaman Anda dalam banyak hal; seperti berinteraksi dengan banyak orang di berbagai tempat dan bagaimana Anda menyikapi hal-hal yang berada di luar kebiasaan Anda, dan saya yakin akan sangat berguna. Hal menarik lainnya yang dapat Anda lakukan ialah menceritakan pekerjaan Anda kepada orang baru yang Anda temui. Tentunya untuk yang satu ini harus dalam konteks yang tepat. Bila Anda mempelajari dan memperhatikan cerita tentang Anda tersebut, Anda dapat belajar tentang diri Anda, apa kelebihan dan kekurangan Anda di dalam bidang pekerjaan Anda saat ini. It’s the perfect timing to reflect on yourself and on your career too…

Saat melakukan perjalanan, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan. Satu hal yang terpenting ialah fleksibilitas dan keterbukaan diri Anda akan segala hal yang akan Anda temukan. Jangan terlalu banyak menuntut atau memaksakan kehendak Anda bila pengalaman baru itu tidak sesuai seperti bayangan Anda. Tetapi, coba nikmati dan cermati hal-hal tersebut serta ambil sisi positif dan manfaatnya.

Baik itu perjalanan bisnis maupun perjalanan wisata, banyak hal yang dapat Anda pelajari dan lihat yang tentunya akan membangkitkan kreativitas Anda. Tentunya perjalanan bisnis akan lebih banyak membantu karier Anda. Namun menurut saya, perjalanan wisata pun akan banyak memberikan dampak positif bagi seorang profesional.

Dari setiap perjalanan, seringkali saya menemukan hal-hal baru yang dapat saya terapkan ke dalam bidang pekerjaan saya. Mulai dari tempat-tempat baru yang dapat saya rekomendasikan melalui beragam jejaring sosial hingga ke aktivitas promosi yang dapat kita adopsi dan terapkan di Indonesia bagi bisnis kita.

Semakin Anda sering bepergian, semakin kaya pengalaman Anda sehingga akan mempermudah Anda saat berinteraksi dengan sesama rekan profesional, saat interview, atau saat Anda memberikan contoh-contoh baru bagi karyawan Anda. Ke manakah saya harus pergi?

Mungkin itu pertanyaan berikutnya yang akan Anda tanyakan. Jawaban saya: kemana pun Anda pergi, Anda pasti akan mempelajari hal baru. Karena itu, rencanakanlah perjalanan Anda sedikitnya dua kali dalam setahun ke tempat baru ataupun ke tempat yang pernah Anda kunjungi sebelumnya. Namun, rencanakanlah untuk mencoba hal baru, seperti mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau tempat terbaru yang sedang “hip”, melakukan hal yang belum pernah Anda lakukan, atau sekadar memperhatikan apa yang dilakukan penduduk lokal pada waktu-waktu tertentu seperti perayaan hari besar yang tidak kita rayakan di sini. Interaksi Anda dengan penduduk lokal sangat saya sarankan untuk mendapatkan cara pandang berbeda dari mereka sebagai penduduk lokal.

TIPS

  1. Pelajari destinasi yang akan Anda kunjungi: jenis mata uang yang digunakan, musim yang sedang berlangsung, serta lokasi sekitar tempat Anda tinggal.
  2. Siapkan barang bawaan secukupnya saja, ”travelling light”, agar tidak merepotkan saat Anda melakukan perjalanan, terutama bila Anda berkunjung ke beberapa negara sekaligus.
  3. Menjaga keamanan diri mulai dari obat-obatan yang Anda perlukan, tempat aman untuk menyimpan barang berharga Anda, hingga kopi dokumen penting.
  4. Siapkan kamus praktis untuk bahasa sehari-hari Anda, seperti ucapan “Selamat pagi”, “Selamat malam”, hingga “Terima Kasih”.

 

Reza Setiawan 

PR Practitioner

@rezasetiawan

 

Top