NAVIGATION

Hasil Survey Pelayanan Polisi Selama Arus Mudik&Balik Lebaran 2016

survey mudik

Keterlibatan Polisi, dalam hal ini Korps Lalu lintas dalam kebisingan aktifitas mudik/balik selama lebaran menjadi menarik, karena secara makro, keberadaan pemerintah selalu diidentikkan dengan keberadaan Polisi di Jalan raya dalam melaksanakan tugasnya.

Hal ini yang kemudian mendorong INPITCH (Indonesia Network for Public Service Watch) dan Berdikari Institut untuk melakukan sebuah Survey dalam rangka mengukur bagaimana persepsi dan pengalaman masyarakat, terutama mereka para pengguna jalan terhadap layanan para petugas kepolisian selama lebaran. Dari Sisi kepolisian Survey ini diharapkan nantinya dapat menjadi sebuah benchmark dan pertimbangan bagi internal kepolisian guna mendapatkan masukan atas upayanya memberikan pelayanan kepada masyarakat selama mudik lebaran.

Ada Enam indikator yang diukur dalam Survey Pelayanan Polisi selama Arus Mudik dan Balik Lebaran 2016.Enam indikator ini adalah (1) keberadaan, (2) Keramahan, (3) Kedisiplinan, (4) Kemampuan, (5) Sinergitas dan (6) Kejelasan Informasi. Survey dilakukan dengan metode Kuisioner Random Sampling, yang tersebar di 16 (enam belas) titik kemacetan sepanjang Jalur Mudik dan Balik di Pulau Jawa, mulai dari Pelabuhan Merak, hingga Jawa Timur.

Survey ini melibatkan setidaknya 5.048 Responden dengan komposisi 70% pengguna Roda dua dan Roda empat, sedangkan sisanya Pemudik yang menggunakan Bus dan/atau kendaraan umum. Survey dilakukan mulai dari tanggal 3 s/d 5 Juli 2016 untuk mengcapture arus mudik, dan mulai dari tanggal 8 s/d 10 Juli untuk mengcapture arus balik.Dari nilai aggregate (Rata-rata), IKM pada 6 (enam) indikator yang diukur pada Survey Mudik Lebaran 2016 dalam rangka mengukur kinerja aparatur kepolisian selama arus mudik/balik lebaran sudah baik (3.92). Dan, masyarakat Puas dengan pelayanan kepolisian (78.39). Pun begitu, dari data Survey ini ditemukan beberapa informasi menarik yang bisa dijadikan bahan evaluasi bagi kepolisian. Diantaranya;

Indeks Terendah pada Indikator Sinergitas dan Kejelasan Informasi

IKM dan Nilai Kepuasan Masyarakat Makro

No Variabel IKM*) Nilai Kepuasan Masy**)
1 Keberadaan 4,38 87,63
2 Keramahan 3,99 79,80
3 Kedisiplinan 3,87 77,43
4 Kemampuan 3,83 76,66
5 Sinergitas 3,67 73,32
6 Kejelasan Informasi 3,77 75,48
Aggregat 3.92 78.39

*)  IKM: Indeks Kepuasan Masyarakat, skala penilaian: 0 – 5

**)Nilai Kepuasan Masyarakat, skala penilaian: 0 – 100, konversi dari IKM

Top