NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Articles | Event | Flash News | Uncategorized

Personal Branding and Leadership Workshop di #RoadToEFest2014

Parenting di Era Digital

Ossy Wulandari beberkan aplikasi-aplikasi populer di kalangan remaja yang perlu diketahui fungsinya oleh para orang tua.

Shot of a young family sitting on a couch using a variety of multimedia devices
Foto beechacres.org

Marketplus.co.id – Di era digital ini, akses internet sangat mudah didapat dan anak akan sangat mudah untuk terkoneksi dengan berbagai macam portal dan aplikasi. Terkadang orang tua hanya khawatir akan isi konten di berbagai portal, tetapi mereka kurang awas terhadap berbagai aplikasi social networking yang terkadang diintai oleh para paedofilia.

Di bawah ini beberapa contoh dari aplikasi populer yang tengah digandrungi remaja yang perlu diketahui fungsinya oleh para orang tua, sehingga bisa mengimbau cara penggunaan yang lebih tepat untuk aplikasi-aplikasi ini.

Aplikasi pengiriman pesan

KIX memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi serta bertukar foto dan video dengan orang yang tidak dikenal. Para orang tua disarankan untuk mengimbau para remaja untuk hanya berkomunikasi dan bertukar konten kepada orang-orang yang mereka kenal dengan baik untuk mencegah penyalahgunaan konten yang mereka sebar.

Aplikasi Micro-Blogging

Instagram sangat populer di kalangan remaja. Bahaya dari pemakaian Instagram ini ialah ketika para remaja berlomba untuk mendapatkan “like” sebanyak-banyaknya dengan mengunggah berbagai konten yang kurang pantas. Orang tua disarankan untuk terus memantau konten-konten yang disebarkan oleh para remaja mereka.

Vine juga tengah digandrungi para remaja dengan konten video yang lucu dan menjadi tren, tetapi banyak sekali video yang tidak pantas ditonton remaja. Para orang tua disarankan untuk mengimbau para remaja untuk menonton konten video yang sesuai dengan usia mereka.

Aplikasi Live Streaming

YouNow dan Periscope sekarang menjadi aplikasi terbaik untuk nonton dan membuat interaktif live streaming video. Yang dikhawatirkan ialah para remaja menyebarkan video mereka di saat yang sangat privasi, yaitu di kamar tidur ataupun di kamar mandi untuk mendapatkan kepopuleran dengan cepat. Orang tua disarankan untuk mengimbau para remaja untuk hanya menyebarkan konten yang berisi waktu sosialisasi mereka.

Aplikasi pesan yang dapat terhapus sendiri

Burn Note dan Snapchat digunakan para remaja untuk berkomunikasi secara rahasia, karena keduanya dapat menghapus pesan, gambar, dan video setelah beberapa waktu tertentu yang telah diatur. Hal ini berpotensial digunakan sebagai media untuk sexting serta berbagi foto dan video yang tidak pantas. Saran bagi orang tua untuk mengajarkan kepada para remaja bahwa konten tersebut bisa tersebar dan menjadi konsumsi publik.

Walaupun para remaja telah menggunakan berbagai aplikasi di atas dengan baik, petunjuk dari orang tua tetap diperlukan. Tidak hanya untuk memonitor para remaja, tetapi bisa sebagai media untuk menjadi lebih dekat dengan anak-anak mereka.

 

Ossy Wulandari
Head of Corporate PR GDP Venture

 

Top