NAVIGATION

Jelang Lebaran, Transaksi di Bukalapak Capai Rp 10 Miliar Per Hari

Transaksi di Bukalapak meningkat drastis menjelang hari raya.

MJN_0067edited-warm

Marketplus.co.id – Menjelang Lebaran, situs belanja online lokal, Bukalapak ‘diserbu’ masyarakat Indonesia. Terhitung dua minggu menjelang Hari Raya, Bukalapak mengalami peningkatan jumlah transaksi yang signifikan setiap harinya hingga mencapai 10 miliar Rupiah.

CEO Bukalapak, Achmad Zacky menuturkan dibanding bulan Ramadan tahun lalu, pertumbuhan transaksinya mencapai tujuh kali lipat di 2016. Zaky menilai hal tersebut juga didorong dengan penggunaan internet yang terus tumbuh di Tanah Air.

“Meningkat tujuh kali lipat karena pertumbuhan eCommerce secara industri didorong oleh pertumbuhan internet,” ujar Zaky di acara Bukber Ngelapak Bareng Media di Seribu Rasa Restaurant, Jakarta Pusat beberapa waktu lalu.

Pria lulusan ITB itu menilai peningkatan transaksi tak hanya dialami sejumlah ecommerce namun juga pusat-pusat perbelanjaan.

“Ini enggak terjadi di Bukalapak saja, tetapi di mal-mal juga. Online sama offline berjalan inline (selaras). Orang-orang memang membelanjakan uang banyak di bulan ini karena mereka kan gajinya double bareng THR,” tutur Zaky.

Selama Ramadan, waktu Sahur tercatat menjadi waktu yang paling diincar masayrakat untuk berbelanja di Bukalapak. Menurut Zaky, saat Sahur, traffic transaksinya meningkat hingga 10 kali lipat.

“Kalau pas sahur banyak yang belanja, tapi pas buka puasa tidak terlalu sepadat saat sahur. Barang yang paling banyak dicari di Bukalapak itu kategori fashion dan makanan,” kata Zaky.

H-7 Lebaran diprediksi menjadi puncak transaksi di Bukalapak. Berdasarkan dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya, peraih penghargaan Endeavor Entrepreneur itu mmemprediksi saat Lebaran jumlah transaksi akan menurun hingga 30 persen.

“Setelah itu agak turun, nanti pas Lebaran malah 30 persen,” pungkasnya.

Top