NAVIGATION

Fashion is our PR Statement

Fashion is our PR Statement

Fashion merupakan PR statement karena perspektif dapat terbentuk melalui style kita.

 

Marketplus.co.id –  Tulisan kali ini seputar fashion, berhubungan dengan kerja praktisi PR sehari-hari. Dalam tulisan ini saya mengangkat entertainer Syahrini.

Fashion dianggap hal remeh bagi sebagian orang tetapi fashion sesungguhnya penting. Gaya fashion kita yang membungkus kita sehari-hari layaknya packaging sebuah brand yang genuine. Untuk profesi PR, keliru jika harus selalu terlihat cantik dengan dandanan lengkap. Malah akan terlihat tidak masuk akal dan tidak terlihat genuine, jika misalnya, ke kebun bersama wartawan dengan dandanan super lengkap. Genuine merupakan esensi dari komunikasi sehari-hari. Bagi seorang praktisi PR, fashion yang (mungkin) terlihat detil merupakan hal penting.

Visualisasi dari Strategi Membangun Brand: Syahrini.

Saya ingin mengangkat Syahrini sebagai contoh, karena secara holistik Syahrini membangun brand dengan keunikan caranya berkomunikasi termasuk fashion statement. Syahrini secara konsisten menciptakan terminologi unik dan gaya fashion yang menunjukkan tingkat kepercayaan yang tinggi untuk tampil beda. Memang, sebagai celebrity brand harus selalu exciting di industri hiburan yang persaingannya begitu tinggi.

Memasuki industri hiburan memerlukan strategi awareness dan likeness, dan untuk bertahan diperlukan strategi diferensiasi yang kuat. Syahrini melakukannya dengan cukup baik, termasuk dalam hal positioning.

Fashion: Your PR Statement
Selain kalimat yang kita utarakan (atau bisa kita sebut punch line) untuk mendapat perhatian dari orang lain, fashion juga mengirimkan statement. Fashion is PR statement.

Baju banker hitam gelap bertujuan menunjukkan komitmen untuk meraih kepercayaan nasabah. Lawyer dengan jas. Startups founder dengan jeans menunjukkan kreativitas atau inovasi serta pemikiran yang bertentangan dengan business yang sudah ada.

Para pengusaha yang sukses dan menggunakan brand mahal juga membutuhkan untuk mengirimkan statement tertentu atas kerja keras yang telah mereka buat. Misalnya, penggemar jam Vacheron Constantin mengirimkan statement akan apresiasi dalam hidup. Penggemar jam Panerai merefleksikan kecintaan pada olahraga menyelam yang merefleksikan ketenangan sekaligus keberanian mengeksplorasi. So, fashion including watch is PR statement.

Saya ingin menutup dengan menuliskan bahwa, fashion merupakan PR statement. Masyarakat bisa membentuk perspektif melalui style kita. Tetapi yang penting adalah genuine dan percaya diri. Sebagus dan segaya apapun fashion kita, jika tidak genuine dan percaya diri, akan terlihat tidak kuat sebagai PR statement.

Dian Noeh Abubakar
Founder & CEO of Kennedy Voice & Berliner, PR Firm
Founder of Voice of Startups
Founder of Impact Forum

 

 

Top