NAVIGATION

Inilah 10 Film Hollywood Dengan Penjualan Box Office Terbesar

Inilah 10 Film Hollywood Dengan Penjualan Box Office Terbesar

Berikut daftar 10 penjualan box office terbesar sepanjang masa berdasarkan data Box Office Mojo.

Marketplus.co.id – Selain berharap mendapatkan penghargaan setaraf Oscar, para sineas Hollywood juga ingin meraih penjualan tiket film yang tinggi. Menurut Sudhir Syal, Co-founder dan Managing Director BookMyShow Indonesia, dalam melihat daftar film dengan penjualan box office terbesar, sangat menarik melihat dominasi film klasik.

“Jika dibandingkan dengan masa sekarang, dengan meningkatnya jumlah film yang ada, terlalu banyak film yang harus bersaing untuk mendapatkan pendapatan yang sedemikian besar,” tambah Sudhir.

Berikut daftar 10 Penjualan Box Office Terbesar Sepanjang Masa berdasarkan data Box Office Mojo yang dirilis BookMyShow Indonesia:

  1. Gone with the Wind

Nilai penjualan: Rp 24,2 triliun

Film “Gone with the Wind” diangkat dari novel berjudul sama karya Margaret Mitchell, pemenang Pulitzer Prize, yang merupakan buku terlaris sepanjang masa, yang terjual setidaknya 28 juta copy dengan 155 edisi. Kesuksesan novel ini berhasil diadaptasi menjadi film oleh David O. Selznick pada 1939. Fim ini sendiri telah memenangkan 11 Oscar, termasuk penghargaan pertama bagi aktor kulit hitam, Hattie McDaniel.

  1. Star Wars

Nilai penjualan: Rp 21,3 triliun

Saat 20th Century Fox akan mendistribusikan film pertama “Star Wars: Episode VI – A New Hope”, ada 40 bioskop yang menolak untuk menayangkannya. Fox kemudian mengancam bahwa bioskop yang menolak menayangkan “Star Wars” tidak akan mendapat hak untuk menayangkan blockbuster potensial “The Other Side of Midnight” (1977), yang ternyata hanya menghasilkan 10 persen lebih rendah daripada film karya George Lucas tersebut.

  1. The Sound of Music

Nilai penjualan: Rp 17 triliun

Pada 2015, “The Sound of Music” telah memasuki usia 50 tahun. Pada Academy Awards ke-87, Lady Gaga menyanyikan medley lagu-lagu “The Sound of Music”, “Edelweiss”, “My Favorite Things”, dan “Climb Every Mountain”. Julie Andrews kemudian naik ke atas panggung dan memeluk Lady Gaga.

  1. T.: The Extra-Terrestrial (1982)

Nilai penjualan: Rp 17 triliun

“E.T.” adalah film dengan pendapatan terbesar pada 1982, menjadikannya film tersukses dalam sejarah sampai Steven Spielberg memecahkan prestasi tersebut dengan Jurassic Park (1993) yang dirilis ada tanggal yang sama 11 tahun kemudian, pada 11 Juni.

  1. Titanic (1997)

Nilai penjualan: Rp 16,2 triliun

Film karya James Cameron ini menjadi film yang paling banyak mendapat nominasi Oscar dengan 14 kategori, namun tidak memenangkan satu pun kategori acting. Gloria Stuart yang memerankan Rose tua menjadi nomine Best Supporting Actress pada usia 87, menjadikannya aktris tertua yang masuk nominasi Oscar.

  1. The Ten Commandments (1956)

Nilai penjualan: Rp 15,7 triliun

Film “The Ten Commandments” menjadi film religius dengan pendapatan terbesar hingga mencapai Rp 909 miliar pada 1956. Jika nilainya disetarakan dengan nilai saat ini, sama dengan Rp 6,1 triliun.

  1. Jaws (1975)

Nilai penjualan: Rp 15,3 triliun

Hiu mekanik yang digunakan dalam film “Jaws” memiliki nama panggilan Bruce. Sementara itu Bruce II ditaruh di Universal Theme Parks dan ‘menggigit’ para turis yang naik ke wahana.

  1. Doctor Zhivago (1965)

Nilai penjualan: Rp 14,8 triliun

Setelah film “Gone with the Wind” pada 1939, film yang disutradarai David Lean ini menjadi film kedua paling menguntungkan dalam sejarah MGM.

  1. The Exorcist (1973)

Nilai penjualan: Rp 13,2 triliun

“The Exorcist” menjadi film horor pertama yang dinominasikan menjadi Best Picture dalam Academy Award. Empat film lainnya yang kemudian menyusul adalah “Jaws” (1975), “The Silence of the Lambs” (1991), “The Sixth Sense” (1999), dan “Black Swan” (2010).

  1. Snow White and the Seven Dwarfs (1937)

Nilai penjualan: Rp 13 triliun

Walt Disney ingin agar suara Snow White hanya sekali diperdengarkan, sehingga Adriana Caselotti harus tunduk pada kontrak yang sangat ketat. Selain bagian kecil di “The Wizard of Oz” (1939), Adriana tidak pernah lagi mendapat peran bernyanyi di dalam film. (*/Ags)

Top