NAVIGATION

Ambil Alih Kendali!

Ambil Alih Kendali!

Praktisi Public Relation, Reza Setiawan {Dok:Marketplus.co.id}.

Penampilan dan gesture sangat penting saat berinteraksi secara profesional.

Sudahkah Anda perhatikan kembali “pesan” non-verbal apa yang Anda sampaikan kepada mitra maupun kolega bisnis Anda?  Saya bertemu dengan para profesional yang kurang memperhatikan penampilan mereka maupun gesture mereka saat berinteraksi secara profesional membuat saya berpikir, apa yang ada dalam benak mereka dan apakah mereka menyadari akan hal tersebut?

Tulisan sebelumnya saya sering mengulas tentang pentingnya penampilan sebagai seorang profesional, karena penampilan adalah hal yang pertama dilihat oleh mitra maupun kolega Anda. Tentunya hal ini tidak perlu berlebihan, tetapi harus dilakukan secara benar. Contohnya mengenakan pakaian yang sesuai dengan momen yang dihadiri dan memproyeksikan dengan baik siapa Anda secara profesional.

Bahasa tubuh merupakan komunikasi non verbal, misalnya Anda berjabat tangan dapat memberikan impresi berbeda bila tidak dilakukan secara baik dan benar. Jadi bahasa non-verbal ini patut diperhatikan. Apakah Anda sudah melakukan kedua hal diatas secara baik dan benar? Apakah cara Anda berjabat tangan menunjukkan antusiasme? Apakah Anda memperhatikan dengan saksama dengan melihat kepada orang tersebut saat Anda berjabat tangan?

Sedangkan bahasa verbal tentunya lebih menitikberatkan kepada pesan yang Anda sampaikan saat Anda berbincang. Topik apa yang dipilih dan respons yang diberikan akan banyak memberikan impresi tentang pengetahuan dan kemampuan Anda.

Walaupun hal tersebut tidak selalu benar karena mungkin saja orang tersebut sangai pandai berbicara bahkan lebih baik dari kemampuannya dalam melakukan apa yang ia janjikan. Tidak jarang kita akan bertemu dengan orang seperti ini. Kebanyakan orang yang piawai berkomunikasi secara profesional akan memilih bidang usaha yang banyak membutuhkan diskusi untuk meyakinkan para mitra bisnis mereka.

Maka, sudahkah Anda perhatikan topik pembicaraan apa saja yang Anda berikan saat bertemu dengan orang baru? Menarikkah topik pilihan Anda tersebut? Seberapa sering pembicaraan ringan Anda membuahkan bisnis baru? Bila sering, berarti Anda sudah melakukannya dengan benar.

Lalu, apa yang maksud saya dalam mengambil alih kendali tersebut? Maksudnya adalah Anda harus dapat mengendalikan semua hal yang saya sebutkan diatas, baik itu komunikasi non-verbal maupun verbal secara baik agar Anda mendapatkan respon positif yang dapat menunjang kepentingan Anda secara bisnis maupun profesional. Tetapi ingat, hal ini harus bertujuan positif dan tidak merugikan orang lain!

Bila Anda masih ada keraguan, tanyakan kepada saya langsung via @rezasetiawan.

 

Top