NAVIGATION

Ruang Baca Yang Nyaman

Ruang Baca Yang Nyaman

Apa yang perlu diperhatikan dalam merancang ruang baca yang nyaman?

Marketplus.co.id – Seringkali terjadi ketika seseorang membangun rumah, ada beberapa ruang yang terlewatkan berkaitan dengan tempat mereka beraktivitas. Salah satunya adalah ruang baca.

Sebagian menganggap kegiatan membaca bisa dilakukan di semua ruangan di dalam rumah. Sebaliknya, ada beberapa orang menganggap kegiatan membaca bukanlah sekadar mengisi waktu luang, melainkan kegiatan ritual yang perlu dilakukan terutama di akhir pekan. Oleh karena kegiatan ini dapat menghabiskan waktu berjam-jam, sehingga perlu diberikan ruang khusus yang nyaman.

Untuk Anda yang hobi membaca dan mengkoleksi buku-buku, ruangan ini bisa menjadi tempat merelaksasikan pikira. Meskipun mungil, ruang baca tetap ndapat tampil cantik melengkapi ruangan lain di rumah Anda.

Berikut tips untuk merencanakan ruang baca yang nyaman.

Layout
Tentukan dimana ruangan ini berada. Lokasi ruang yg relatif tenang di sudut rumah dan dilengkapi dengan pintu merupakan ruangan yang ideal. Tidak mustahil untuk menggabungkan ruang baca dengan ruang kerja Anda di rumah. Hal yang perlu diperhatikan penempatan furniture seperti meja kerja dan peralatan home office lainnya jangan sampai mengganggu atau menghalangi rak buku buku tersebut.

Dimensi
Tentukan berapa banyak buku yang akan diampung pada ruangan ini. Banyaknya buku mempengaruhi jenis rak buku. Rak dinding cocok untuk Anda yang menampung semua buku di ruang ini. Tentukan pula jenis kursi serta meja dan lampu dapat anda rancang dengan nyaman. Sofa kecil dengan sandaran tangan merupakan pilihan yang ideal.

Warna
Pilihlah warna yang mewakili Anda dan membantu Anda bersantai di ruangan ini. Warna warna gelap mendominasi perpustakaan pribadi bergaya klasik. Untuk yang menginginkan gaya modern, gunakan warna terang dan ringan.

Pencahayaan
Pencahayaan pada ruang baca adalah sangat penting. Pertimbangkan untuk menggunakan cahaya alami pada siang hari dan gunakan lampu meja atau yang cukup terang. Lampu sorot di depan rak buku cukup untuk menerangi anda saat mencari buku dari raknya. Tambahkan beberapa lampu aksen pada dinding. Lampu yang bisadiatur terang – redupnya akan menyempurnakan ruangan ini.

Iza Avesta, M.Sc
Architect at @StudioArsitektropiS www.studioarsitektropis.com
@riantizz
Sumber foto: : www.cdn.homesthetics.net

 

Top