NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Randai “Batu Belah” Memikat dengan Konsep Kontemporer

Randai “Batu Belah” Memikat dengan Konsep Kontemporer

Tari kontemporer "Batu Belah" berikan inspirasi masyarakat untuk lebih menghargai perjuangan ibu.

Marketplus.co.id – MPAC Madania dan Chiva Production mementaskan sajian tari kontemporer yang memikat di Galeri Indonesia Kaya. “Batu Belah” diangkat menjadi tajuk dalam pementasan kali ini dengan konsep drama tari Randai.

Batu Belah diangkat dari cerita Sumatera Barat, mengisahkan perasaan ibu dan anak-anaknya. Kisahnya berupa perjuangan hidup yang penuh dengan permasalahan. “Memperingati hari Kartini, kami ingin menginspirasi masyarakat agar lebih menghargai perjuangan ibu, wanita Indonesia,” jelas Putut Budi Santosa, Pimpinan Chiva Prodsuction.

Tari Randai merupakan drama tari yang dikenal dari Sumatera Barat. Cerita randai biasanya diambil dari kenyataan hidup yang ada di tengah masyarakat. Fungsi Randai sendiri adalah sebagai seni pertunjukan hiburan dan di dalamnya disampaikan pesan dan nasihat. Semua gerakan randai dituntun oleh aba-aba salah seorang di antaranya, yang disebut dengan janang.

Pada awalnya Randai adalah media untuk menyampaikan kaba atau cerita rakyat melalui gurindam atau syair yang didendangkan dan galombang (tari) yang bersumber dari gerakan-gerakan silat Minangkabau.

Pertunjukan yang berlangsung selama 40 menit ini membuat para penikmat seni terharu dengan pertunjukan teater tari yang menginspirasi para penikmat seni tersebut. Banyak pesan moral yang tentunya dapat menjadikan pelajaran bagi kita masyarakat Indonesia agar lebih menghargai wanita, terutama terhadap sosok yang selama ini kita sebut dengan panggilan Ibu. (*/ANA)

Top