NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Yoris Sebastian: Dream Small “Jokowi”

Yoris Sebastian: Dream Small “Jokowi”

foto: www.muhammadfadli.com

foto: www.muhammadfadli.com
foto: www.muhammadfadli.com

Tanggal  20 Oktober 2014 saya bersama hampir semua rakyat Indonesia bergembira, merayakan dilantiknya Bapak Joko Widodo sebagai Presiden Republik Indonesia. Bersyukur karena Bapak Prabowo Subianto juga dengan jiwa yang besar ikut hadir dalam pelantikan di ruang sidang paripurna I, gedung MPR/DPR RI.

Bukan sekali ini, saya menulis tentang  Jokowi. Pada saat beliau menjabat Walikota saya sudah tulis beberapa kali. Demikian pula saat menjadi Gubernur DKI Jakarta. Hari ini saya mencoba menulis inspirasi dari angle berbeda dari yang kebanyakan ditulis dimana-mana. Inspirasi yang kebetulan saya pribadi suka lakukan dan kini kebetulan saya menemukan contoh nyata bahkan dari Presiden Jokowi.

Dream Small. Yup, Jokowi adalah contoh orang yang tidak punya mimpi besar. Cita-cita Jokowi adalah menjadi pengusaha kayu dan memang terlaksana. Jokowi tidak pernah bermimpi untuk menjadi walikota Solo. Beruntung FX Hadi Rudyatmo meminang Jokowi menjadi Walikota Solo sementara dirinya sendiri menjadi wakil walikota.

“Walikota tidak, Gubernur juga tidak. Maka, saat saya mengatakan, ‘tidak mikir, tidak mikir’ itu memang benar-benar tidak memikirkannya. Banyak orang tidak percaya. Soalnya, secara logika atau kalkulasi politik memang tidak masuk akal. Saya harus bicara apa adanya. Saya ini bukan Ketua Umum Partai. Saya menyadari itu.” tutur Jokowi pada harian Kompas.

Jokowi membuktikan lewat karya. Karya yang berdampak positif untuk rakyat yang dipimpinnya. Sesimple itu. Karya membawa Jokowi dari pengusaha kayu, walikota, gubernur hingga kini menjadi presiden.

Buat saya pribadi lebih senang punya mimpi kecil yang realistis namun fokus pada karya dan jabatan kita saat ini. Kalau bagus, toh jabatan tersebut akan naik terus dengan sendirinya. Presiden Jokowi lagi-lagi menambah cerita-cerita nyata yang saya kumpulkan dari mereka yang tidak punya mimpi besar namun pada akhirnya menjadi besar dengan sendirinya.

Bagaimana dengan Anda?

Yoris Sebastian

Founder & Creative Thinker of OMG Consulting

yorissebastian.com

@yoris

Top