NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

“Kaleidoskop Seni Budaya Betawi” Perjalanan Akhir Tahun Yang Menarik Di Jakarta

“Kaleidoskop Seni Budaya Betawi” Perjalanan Akhir Tahun Yang Menarik Di Jakarta

_MG_4779

Tahun baru sudah ada didepan mata, artinya kita akan meninggalkan tahun 2014 dengan berbagai rangkaian peristiwa menarik yang telah terjadi dan dimunculkan kembali atau dikenal dengan kata kaleidoskop. Di tanggal 16 sampai 20 Desember 2014 ini hadir acara yang bertajuk “Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta”, dalam acara ini ditampilkan ragam kesenian terbaik yang pernah tampil di Ibukota.

Acara yang diselenggarakan di Teater Besar Taman Ismail Marzuki Jakarta, selama 5 hari pengunjung akan disuguhkan aneka pertunjukan teater, tari, musik, serta pameran foto dan artefak. Tidak ketinggalan juga sajian kuliner Betawi, yang mengunggah selera.

Arie Budhiman, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta mengatakan, “Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta kali ini, menyajikan aktivitas seni budaya mulai Tahun 2010 sampai dengan 2014. Dari kaleidoskop ini diharapkan tumbuh proses evaluasi dari pelaku dan penikmat seni guna pengembangan aktivitas seni budaya di kota Jakarta. Melalui Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta, saya berharap akan tumbuh upaya kreatif yang meningkatkan kualitas dan kuantitas aktivitas seni budaya di Jakarta dan menjadikan kota Jakarta sebagai pusat budaya.”

Sebelum acara pembukaan, di luar panggung utama ada pertunjukan musisi jalanan, aksi monolog di ruang publik dan tanjidor. Pesta kembang api yang meriah dapat disaksikan di prosesi pembukaan. Para pengunjung juga dapat menonton video mapping aktivitas berkesenian  yang menonjol dan menarik selama tahun 2010-2014, pertunjukan rancak dan kesenian Betawi lainnya. Tidak hanya itu saja, dalam acara ini pengunjung dimanjakan dengan 30 stan kuliner masakan Betawi dan juga masakan Nusantara.

“Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta selain tari dan pargelaran, juga ada pameran 85 foto aktivitas seni budaya yang pernah berlangsung di Jakarta, khususnya Taman Ismail Marzuki, serta puluhan benda artefak yang berkaitan dengan berbagai kegiatan pergelaran seni budaya. Benda-benda tersebut adalah benda-benda digunakan seniman untuk mencipta karya, atau  yang pernah dipakai dalam berbagai pertunjukan (properti, kostum, potongan setting).” ujar Arie Batubara, Ketua Pelaksana Kaleidoskop Seni Budaya Jakarta.

Top