NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Disparbud Gelar Musikal Drama Kebudayaan Betawi

Disparbud Gelar Musikal Drama Kebudayaan Betawi

Opera Betawi_05

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta kembali mempersembahkan suatu pementasan kesenian dari budaya Betawi yang terus dilestarikan. Acara yang bertajuk “City Ratuasia” diharapkan mampu menciptkan apresiasi masyarakat terhadap kesenian seperti tari, drama, dan musik, khusunya budaya Betawi.

“Tujuan kolaborasi ini adalah memberikan wadah kepada para seniman untuk menuangkan kreatifitas kesenian betawi yang dinamis dan dikemas dalam bentuk seni estetika modern kontemporer dimana seni ini memadukan drama, tari dan musik menjadi pementasan yang apik, serta diharapkan melalui acara ini masyarakat betawi yang umumnya masyarakat urban akan lebih mengenal kebudayaan betawi” ujar Arie Budiman, selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Acara yang digelar tanggal 6 sampai 7 Desember 2014 kemarin, merupakan aktualisasi sejarah dan kekuatan kesenian khas Betawi dalam sebuah tataan seni pertunjukan kontemporer.  Konsep pertunjukan opra Betawi ini sendiri merupakan bentuk kolaborasi dari berbagai kesenian khas betawi, yang melibatkan seluruh elemen kesenian mulai dari tari-tarian, musik, teater, multimedia, sastra sampai dengan paduan suara.

Bertempat di Graha Bakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Seni pertunjukan ini sendiri terispirasi oleh daya tarik kota Jakarta yang mampu mengundang beragam orang datang kepadanya. Kota yang mempunyai nilai sejarah dan corak kebudayaan beragam yang terbentuk dari proses pembauran dan akulturasi budaya. Secara geografis Jakarta  juga menyimpan perjalanan sejarah yang panjang dan mencatat jutaan peristiwa yang sejatinya adalah proses terciptanya kebudayaan Jakarta pada sekarang ini.

Top