NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

12 Karakteristik Pengusaha yang Sukses

12 Karakteristik Pengusaha yang Sukses

2.-3-Duplikat-Sukses-Menjalankan-Usaha.-1

Tak terasa kini memasuki bulan ke-12 di tahun 2014.

Saya ingin berbagi dari hasil pengamatan selama tahun ini bertemu banyak pengusaha-pengusaha, dan maupun dari beberapa referensi yang saya baca. Saya menyimpulkan bahwa faktor utama keberhasilan adalah tetap pada karakter dari para pendiri perusahaan.

Karakter tersebut adalah:

  1. Mengikuti mimpi dan passion. Ya, kebanyakan mereka yang berhasil adalah yang berjalan mengikuti mimpi dan menjalankan sesuatu yang mereka cintai.
  2. Persisten. Secara terus-menerus berusaha dan tidak pernah menyerah.
  3. Take the risk. Berani mengambil risiko adalah karakter dasar yang harus dimiliki, para pemenang selalu dapat mengkalkulasi risiko yang akan dihadapi dan bertindak dengan batasan risiko tersebut.
  4. Mau berkorban. Semua usaha yang baru dimulai akan menuntut banyak waktu, tenaga, uang, dan semua sumber daya yang dimiliki. Untuk sukses, ini adalah hal yang tidak bisa dihindari di fase merintis suatu usaha.
  5. Know your customer. Ini adalah hal yang terus saya ulang hampir sepanjang tahun ini. Bisnis apapun yang kita jalankan, apabila kita tidak dapat mengenal siapa customer kita, saya yakin tidak akan dapat bertahan.
  6. Berani menjual. Ini karakter yang mulai berkurang di era ini. Saya melihat generasi sekarang mengutamakan marketing strategi tanpa berani melakukan sales activity langsung kepada customernya, yang sebenarnya memiliki probabilitas menjual lebih besar.
  7. Hire the right employee. Ini sangat penting walaupun juga sangat sulit dilakukan. Adalah wajar bila terjadi turnover tinggi di awal merintis usaha, sebagai startup, kita harus mampu memberikan visi dan mimpi yang bisa dipercaya oleh tim kita untuk berjuang bersama.
  8. Take care of your customer. Sering kali kita lupa untuk “merawat” customer kita. Khusus di tahun ini saya belajar mengenai CRM, di tengah persaingan makin hebat kita sangat memerlukan keahlian untuk mempertahankan customer kita.
  9. Hargai tim kita. Seperti kita tahu bahwa mendapatkan orang yang tepat tidaklah mudah, maka kita harus mampu menghargai seluruh individu dalam tim kita, agar di fase awal merintis usaha kita bisa fokus pada pengembangan usaha, tidak pada masalah hubungan ataupun turnover karyawan.
  10. Miliki mentor. Belajarlah terus dari mereka yang telah berhasil. Karena dalam merintis usaha kita pasti perlu bantuan dukungan, saran, ataupun inspirasi dari mereka.
  11. Interpersonal skill. Kemampuan berkomunikasi dengan tim, supplier/vendor, dan customer janganlah kita remehkan. Hubungan baik yang terjalin antar semua pihak terkait bisa menjadi kunci sukses usaha kita.
  12. Bangun budaya perusahaan yang positif. Saya sangat terinspirasi oleh Zappos, dimana budaya perusahaan yang dibangun bisa menjadikan suatu environment pekerjaan yang sangat baik dan berujung pada produktivitas yang tinggi.

Akhirnya, Semoga 12 bulan bersama dalam artikel “Startup” ini bisa membantu para pembaca Market+ dalam mendirikan dan menjalankan usahanya. Semoga kita semua dapat menutup tahun 2014 ini dengan kemenangan dan keberhasilan.  Ad astra per aspera

Top