NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

2 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

3 Food &Beverage | Highlight | Products

Mulai 1 April 2017, Ichitan Bagikan Hadiah Rp300 Juta

Adiksi Belanja Brand Mewah? Yuk, Atur Keuanganmu!

Adiksi Belanja Brand Mewah? Yuk, Atur Keuanganmu!

belanja-barang-mewah-131120-a

Hai QM,

Saya seorang ibu bekerja. Adiksi saya adalah designer it bag yang memang harganya menjulang. Saya ingin tanya bagaimana cara melakukan perencanaan untuk mengatasi adiksi saya tersebut tanpa mengurangi jatah belanja bulanan maupun kebutuhan anak seperti uang sekolah, les dan lainnya.

Apakah diperbolehkan untuk mencicil designer it bag yang juga dapat dijadikan investasi?

Terima kasih,

Intan, Jakarta, 32 tahun

 

Hai Intan,

Semua orang punya adiksi belanjanya masing-masing, hanya saja dalam skala yang berbeda. Karena sifatnya adiksi, kita harus bisa membatasi diri agar tidak mengacaukan keuangan keluarga. Jika kamu tidak ingin adiksi ini menggangu, maka saran saya adalah dengan mulai membuat anggaran rumah tangga.

Hal ini akan membantu kamu memastikan bahwa hal-hal rutin seperti cicilan hutang, uang sekolah anak dan kebutuhan rutin lainnya tidak terlupakan. Selain itu, dengan memiliki anggaran, kamu juga dapat mengetahui dengan pasti kemampuanmu menyisihkan untuk membiayai adiksi tersebut.

Walaupun dalam setiap rumah tangga berbeda, aturan dasarnya adalah membatasi cicilan hutang maksimal 30%, menyisihkan untuk tabungan atau investasi minimal 10%, maksimal 20% untuk kebutuhan pribadi seperti rekreasi keluarga, salon, makan diluar serta sisanya atau 40% untuk kebutuhan rutin. Petakan terlebih dahulu penghasilan dan pengeluaran kamu untuk memastikan bahwa kondisinya sehat. Jika belum, ada baiknya kamu perbaiki dulu sebelum memilih tas berikutnya ya.

Jika kondisi keuangan kamu sehat maka kamu dapat mulai menyisihkan untuk jatah adiksi kamu ya. Kamu dapat memilih untuk mengambil dari porsi kebutuhan pribadi atau dari porsi tabungan jika memang ada sisa dari kedua porsi tersebut. Letakkan di rekening terpisah agar tidak tercampur dan janji ya, jika dananya belum tersedia maka kamu akan menunda pembelias tas berikutnya.

Saya tidak rekomendasikan kamu untuk mencicil tas karena beberapa alasan. Yang pertama adalah, dengan mencicil artinya ada bunga dan kamu membayar lebih mahal dari seharusnya. Kedua, tidak semua tas bermerk memiliki nilai investasi. Selain itu, kenaikan harga dari tas bermerk sangat tergantung dari kondisinya. Tentunya makin sering digunakan, kondisi tas akan berkurang dan akan mengurangi nilai purna jualnya. Tentunya kamu tidak ingin membeli tas hanya untuk disimpan bukan? Jadi pastikan hanya membeli tas yang mampu kamu beli alias dengan menggunakan dana yang sudah ada dan tidak menumpuk hutang ya.

Semoga membantu.

Yasmeen Danu, CFP| @yasmeen__

Independent Financial Planner

PT Quantum Magna

Top