NAVIGATION

“Temu Sastrawan” Mengenal Budaya Indonesia Lewat Karya Sastra

“Temu Sastrawan” Mengenal Budaya Indonesia Lewat Karya Sastra

Penutupan MPU (13)

Indonesia adalah negara kaya akan budaya dan tradisi. Namun seiring perkembangan zaman banyak karya sastra yang dilupakan oleh masyarakat, khususnya masyarakat yang tinggal diperkotaan. Mereka biasanya lebih memilih menonton film ke bioskop, mendengarkan musik Internasional, atapun membaca novel.

Melihat fenomena tersebut, para sastrawan yang tergabung dalam Anggota Mitra Praja Utama (MPU) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta ini memiliki acara yang bisa membakitkan karya sastra karya anak negri. Acara yang bertajuk Temu Sastrawan ini digelar setiap tahunnya, dan bertujuan untuk memperkenalkan budaya dan tradisi yang ada disetiap provinsi khusunya kepada anak muda agar menjadi gaya hidup mereka serta di harapakan masyakarat Indonesia peduli terhadap budaya dan juga mengusung tradisi sebagai bentuk identitas masyarakatnya.

Arie Budimana selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  DKI Jakarta mengatakan bahwa agar acara budaya semacam ini harus terus dilakukan dan kita sebanagi masayarakat harus ikut mengapresiasi acara ini agar karya sastawan kita bisa dikenal lebih luas lagi.

Sastrawan dan Seniman Asrizal Nur beraksi membacakan puisi pada penutupan kegiatan Temu Sastrawan Mitra Praja Utama (MPU) IX 2014 di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/10)malam. Kegiatan yang bertajuk "Suara Lokal Suara Urban" ini dihadiri oleh perwakilan 10 Provinsi se Indonesia dan bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan pertukaran informasi perkembangan budaya sastra disetiap provinsi.
Sastrawan dan Seniman Asrizal Nur beraksi membacakan puisi pada penutupan kegiatan Temu Sastrawan Mitra Praja Utama (MPU) IX 2014 di Taman Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/10)malam. Kegiatan yang bertajuk “Suara Lokal Suara Urban” ini dihadiri oleh perwakilan 10 Provinsi se Indonesia dan bertujuan untuk menjalin silaturahmi dan pertukaran informasi perkembangan budaya sastra disetiap provinsi.

Ditahun ke-9-nya ini, MPU mengusung tema “Suara Lokal, Suara Urban”, sebuah ungakapan yang ingin disampaikan para sastrawan kepada generasi bangsa  yang ada di Jakarta. Digelar di Taman Menteng, Jakarta, acara ini diisi oleh berbagai kegiatan seni seperti,  Seminar, Workshop dan ditutup dengan pementasan karya sastra dari perwakilan provinsi yang tergabung dalam MPU.

Top