NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Donny de Keizer: Percaya Dengan “The Power of Name”

Donny de Keizer: Percaya Dengan “The Power of Name”

Profil-Donny-de-Keizer-1-315x175

Dalam dunia Public Speaking, nama memiliki arti dan peran yang sangat penting dalam suksesnya sebuah penampilan.

Setelah memperkenalkan diri, audiens akan lebih senang bila disapa dengan namanya, dibanding sekadar sebutan Bapak, Ibu atau Saudara. Anda cukup hapalkan beberapa nama orang yang memegang posisi kunci atau peran penting dalam kesempatan itu. Misalnya pimpinan tertinggi dalam perusahaan tempat dimana Anda mempresentasikan konsep, atau bisa juga orang yang tertinggi posisinya di ruangan tersebut.

Berikutnya kenali sebanyak mungkin orang yang hadir mengikuti presentasi Anda. Mengenali 3 atau 4 orang sekaligus tentu tidak terlalu sukar. Karena makin sering Anda menyebut nama-nama mereka, maka makin besar peluang presentasi Anda sukses. Hal ini karena audiens merasa bahwa apa yang mereka saksikan itu sengaja dipersiapkan untuk mereka.

Menyapa nama mereka secara langsung akan menciptakan ikatan pribadi antara aAda dan audiens. Setidaknya hal ini bisa mencegah mereka sibuk memainkan gadget atau ngobrol dengan rekan sebelahnya.

Presentasi yang sukses adalah presentasi yang mendapatkan perhatian dan respon dari audiens. Sehingga Anda pun harus melakukan upaya meraih perhatian audiens. Selain eye contact, intonasi yang tepat dan slide presentasi yang memikat, menyebut nama adalah salah satu cara jitu untuk mendapatkan atensi.

Lakukanlah persiapan ekstra sebelum presentasi dan hadirlah lebih awal untuk berkenalan dengan peserta. Misalnya meminta daftar peserta yang akan hadir dalam presentasi tersebut lengkap dengan posisi dan jabatannya di perusahaan. Kalau perlu Anda bisa bertanya pada sekretaris CEO untuk mengetahui apa saja hobby atau kesukaan dari pimpinannya, atau kemana atasannya itu senang menghabiskan waktu berliburnya bersama keluarga?

Anda juga boleh mencari tahu apa nama kecil atau nama panggilannya di keluarga. Hal hal kecil seperti ini memang terkesan enteng dan tidak penting, namun saat Anda membekali diri dengan banyak informasi diatas, Anda lebih memiliki peluang untuk memulai pembicaraan dengan banyak topik.

Bahkan Anda bisa membuka pembicaraan dengan topik yang disukai oleh audiens. Bukan dengan apa yang Anda sukai. Kalau tidak memiliki informasi yang cukup, bagaimana bisa memulai pembicaraan dengan topik yang berbeda dalam setiap presentasi bukan?

Donny de Keizer

Publicspeaker & TV Broadcaster

CEO Media Dreyasa Komunitama

@DonnydeKeizer

Top