NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Pasar Properti Jakarta “Memanas” Lagi!

Pasar Properti Jakarta “Memanas” Lagi!

Perubahan Harga Lima Proyek Properti di Jakarta & Sekitarnya

Platform properti global, Lamudi, dalam beberapa bulan terakhir meneliti perkembangan properti di sejumlah wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Dari penelitian tersebut, Lamudi menemukan bahwa terjadinya kenaikan harga properti yang beragam mulai dari 1 hingga 14 persen disebabkan seiringan dengan tingginya permintaan properti tempat tinggal saat ini.

Menurut laporan terbaru dari Bank Indonesia, Survey Harga Properti Huniani 2014, ditemukan pertumbuhan harga sebesar 1.63 persen untuk properti hunian di kawasan Jabodetabek. Padahal, pada kuartal sebelumnya, persentasenya pertumbuhannya hanya 1.23 persen saja. Dikemukakan pula bahwa dana yang disuntikkan oleh pemerintah ke pasar mencapai Rp 1 triliun lebih, atau 6 persen lebih tinggi dari kuartal sebelumnya.

Meningkatnya likuiditas serta pemberian pinjaman dari bank yang mana akhirnya memberikan kemudahan fasilitas pembelian rumah diperkirakan menjadi penyebabnya. Hal ini bisa dilihat dari besarnya animo pembeli properti hunian yang menggunakan pinjaman, dimana angkanya mencapai 74 persen.

Dari hal itu, Lamudi pun menganalisa lima perkembangan properti baru di sekitar Jakarta dalam lima bulan terakhir. Portal properti global yang berhasil mengumpulkan lebih dari setengah juta listing dalam waktu kurang dari setahun ini menemukan kenaikan harga tarif bervariasi di setiap tempat karena alasan yang berbeda.

Contohnya seperti, Pancoran Riverside di Pengadegan, Pancoran. Ada peningkatan harga sebesar 9 persen dalam lima bulan terakhir, yang mana dipicu oleh kestrategisan lokasi dan fasilitas yang memadai.

Tidak hanya di Jakarta saja, tetapi kenaikan harga dari properti hunian juga bisa kita temukan didaerah Jabodetabek. Gagasan pembangunan kawasan-kawasan superblok sangat diminati pembeli properti hunian, mengingat kompleks yang dibangun menawarkan kemudahan mengakses berbagai fasilitas modern lifestyle. Sebut saja: rumah sakit, toko-toko, sampai dengan restoran-restoran.

Tapi, Menurut Lamudi, Pulau Jawa bukanlah satu-satunya tempat pertumbuhan properti. Daerah diluar Pulau Jawa juga mengalami peningkatan harga properti hunian, seperti Manado yang mengalami kenaikan sebanyak 9,5% di tiga bulan terakhir ini.

Top