NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Ricky Mulani: Menyambut Era Kompetitif

_MG_2195

Karyawan merupakan stakeholder yang memberikan kontribusi besar terhadap keberlanjutan perusahaan. Pemilik bisnis sangat mengharapkan memiliki karyawan yang berkompetensi, berkarakter, dan berdaya saing untuk menghadapi era saat ini. Hal tersebut yang mendorong Ricky Mulani, pengusaha muda ini untuk mendirikan executive search guna memudahkan perusahaan mencari talent berkualitas.

Perjalanan karier pria kelahiran Jakarta, 26 September 1985 ini mengantarkan pada satu titik untuk memulai terjun menjadi entrepreneur. Ricky mengawali karier di bidang asuransi, travel agent, hingga perusahaan multinasional di bidang HR & Recruitment Consulting. Selama menjadi karyawan, ia membuktikan performa dan prestasinya dan memahami pengembangan sumber daya manusia lebih dalam. “Pada Juli 2010 akhirnya saya mendirikan Quantum Select yang fokus di bidang agensi rekrutmen dan tahun ini sudah ada di Indonesia dan India,”tutur Ricky.

Menurut Ricky, tuntutan efisiensi tenaga kerja dan biaya yang dihadapi seluruh perusahaan mengharuskan pergerakan yang cepat dan tepat. Hal ini tentu juga berkaitan dengan ketersediaan staf, level manajer hingga jajaran direksi. “Dahulu perusahaan cenderung merekrut karyawan karena relasi, kenalan, dan keluarga. Namun, kini era sudah berubah, perusahaan memilih mencari profil-profil terbaik,” terang Ricky, “Sehingga dari sisi pekerja, dibutuhkan kerja keras dan keterampilan solid agar dapat muncul ke permukaan, menyisihkan ‘pesaing’ lainnya dan direkrut perusahaan,” lanjutnya.

Melihat kebutuhan tersebut, Quantum Select Indonesia pun didirikan. Ricky memastikan positioningnya sebagai perusahaan lokal di bidang Recruitment and Selection, Executive Search, dan HR consulting yang berstandar internasional. “Proses seleksi karyawan yang ketat memang sudah menjadi hal yang biasa di perusahaan multinasional luar negeri, tapi perusahaan domestik belum menganggap rekrutmen menjadi hal yang penting. Terbukti, lebih dari 100 klien Quantum Select Indonesia sebesar 90% merupakan perusahaan multinasional luar negeri,” demikian pandangan Ricky. Padahal, melalui rekruitmen yang baik maka perusahaan akan mendapatkan karyawan yang memiliki daya saing. “Oleh karena itu, kami bekerjasama dengan KADIN dan HIPMI untuk memberikan pemahaman dan edukasi bahwa karyawan adalah aset. Kita memasuki era dimana tuntutan memiliki karyawan berkualitas makin tinggi untuk keberlanjutan perusahaan.”

Di bidang executive search, Quantum Select satu-satunya dari domestik yang go internasional. Dari 150 perusahaan executive search di Indonesia, 80% nya adalah perusahaan asing. Ricky memiliki tekad menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan mengoptimasi sumber daya manusia Indonesia. Selain India, ia memiliki target membuka kantor cabang di Shanghai dan Kuala Lumpur dalam waktu dekat.

Menjadi entrepreneur memang menjadi cita-cita nya, kini ia bergabung untuk berkontribusi bersama HIPMI. “Tantangan seorang entrepreneur diantaranya mampu untuk analisis risiko. Kita belum tahu kondisi perekonomian kita apakah menanjak maupun fluktuatif. Melalui informasi, spekulasi, maka entrepreneur harus cermat memutuskan langkah yang diambil apakah merangkak, saatnya berjalan, atau mengambil keputusan untuk berlari,” terang Ricky. Dalam menjalankan usaha, pengusaha muda ini memberikan prioritas kepada karyawan. “Karyawan menjadi prioritas, dalam perjalan bisnis kita mementingkan anggota kapal, bukan hanya nakhoda. Sebisa mungkin, keputusan bisnis yang diambil maka sebaiknya yang memberikan keuntungan karyawan,” tutupnya.

Nama: Ricky Mulani

Profesi: President Director Quantum Select Indonesia

Top