NAVIGATION

Five “Growth Values”

www.4thelighting.com

Imagination at work menjadi moto perusahaan yang telah berdiri selama 130 tahun ini. Bagaimana strategi GE ke depan untuk mewujudkan bisnis berkelanjutan dan pengaruh luas kepada masyarakat? Berikut hasil wawancaranya.

Bagaimana pandangan Anda terkait perkembangan bisnis berkelanjutan dalam konteks Indonesia?

Di Indonesia sendiri, sustainability juga sudah menjadi fokus banyak perusahaan. Oleh karena itu, GE menghadirkan beberapa teknologi yang dapat mendukung hal tersebut dari pembangunan infrastruktur di Indonesia.

Seperti contohnya, di bidang teknologi pembangkit listrik, GE menghadirkan teknologi yang dapat mengubah tenaga biomassa menjadi energi listrik berskala kecil, atau teknologi yang memudahkan penggunaan gas alam di lokasi yang terpisah dari lokasi sumber daya gas alamnya tanpa harus membangun fisik pipa gasnya.  Teknologi ini sangat sesuai dengan kondisi negara Indonesia yang berpulau-pulau, dimana kebutuhan tenaga listriknya tidak sebesar kota-kota metropolitan.

Di bidang Kesehatan, GE mennghadirkan teknologi-teknologi yang dapat meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan, terutama di tempat-tempat yang sulit terjangkau, dengan alat ultrasound yang portable.

Selain itu di bidang sumber daya manusia pun, GE berkomitmen untuk turut serta dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang bekerja di GE maupun yang bekerja di perusahaan  mitra GE, melalui beragam program pelatihan kepemimpinan dan teknis.

Campaign apa yang tengah digerakkan dari GE Indonesia? Mengapa?

Di Indonesia, GE berkomitmen untuk menghadirkan teknologi terkini dan solusi tepat guna guna mendukung pembangunan infrastuktur, serta mengembangkan sumber daya manusia di Indonesia. Di Indoensia, kami menghadirkan teknologi dan solusi di 7 sektor antara lain: Aviation (mesin pesawat, avionics), Transportation (Lokomotif), Oil and Gas (teknologi produksi minyak dan gas bumi), Power & Water (teknologi pembangkitan tenaga listri dan pemurnian air: gas turbine, gas engine), Healthcare (teknologi alat kesehatan seperti MRI, CT Scan, ultrasound, Anasthetic, dan lainnya), Energy Management, dan Lighting (penerangan).
Mengapa? Karena infratruktur merupakan tulang punggung pertumbuhan ekonomi. Contohnya, kesehatan. GE menghadirkan teknologi alat kesehatan yang dapat meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan, terutama di daerah yang sulit terjangkau, dengan menghadirkan alat ultra sound yang portable. Mengapa, karena masih banyak masyarakat Indonesia yang tinggal di pedalaman, dimana layanan kesehatan masih sangat minim. Bayangkan, bagaimana daerah tersebut dapat tumbuh jika tingkat kematian ibu dan bayi di daerah tersebut masih tinggi. Sama halnya dengan di kota besar. Dengan bertumbuhnya masyarakat kelas menengah, permintaan layanan kesehatan yang berkualitas pun akan meningkat pesat. Hal ini perlu didukung oleh teknologi-teknologi yang dapat memberikan layanan kesehatan yang berkualitas tinggi.

Apa upaya yang menjadi keunggulan GE untuk senantiasa menjaga “atmosfer” untuk terus berinovasi dalam perusahaan?

Inovasi merupakan tulang punggung GE. Dengan berinovasi GE dapat bertahan hingga 130 tahun, dan GE terus berinovasi agar dapat terus menjadi pemimpin di sektor teknologi infrastruktur. Di kultur perusahaan GE, kami menerapkan Growth Values, yang terdiri dari: External Focus, Imagination and Courage, Inclusiveness, Expertise, and Clear Thinker, dalam penilaian kinerja karyawan.  Dengan cara inilah kami selalu menjaga atmosfer inovasi di perusahaan.

 Apa tantangan yang dijadikan peluang bagi GE ke depan?

Tantangan utama adalah tentu saja kompetisi yang semakin ketat. Jika kami dapat melakukannya, bukanlah hal yang mustahil bagi perusahaan lain untuk melakukan hal yang sama. Namun, kami malihat ini sebagai kesempatan dan peluang untuk terus berinovasi. Di Indonesia sendiri, kami selalu berusaha untuk terus memperkuat keberadaan kami di Indonesia antara lain dengan pengembangan sumber daya manusia, pengembangan fasilitas manufacturing kami di Indonesia, dan juga dengan menghadirkan solusi-solusi yang tepat guna bagi pembangunan infrastruktur di Indonesia.

 

Handry Satriago

CEO General Electric Indonesia

Top