NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Adrenalin Berbisnis

Adrenalin Berbisnis

Michelle S

Quotes: “ Di sini kami selalu mengapresiasi ide”

Franchise merupakan sistem yang menjadi salah satu opsi para pemula yang tertarik terjun di bidang bisnis. Namun, perlu diingat bahwa sistem tersebut akan berhasil dan berkembang cepat manakala didukung oleh kerja tim yang solid. Michelle E. Surjaputra, entrepreneur muda ini membuktikannya.

Belasan outlet BonChon yang tumbuh di kota-kota besar di Indonesia telah memikat para pecinta kuliner di Tanah Air. Dengan bumbu Korea yang khas dan komposisi yang mengutamakan kualitas, resto ayam goreng cepat saji ini pun berhasil membuat basis “fans” tersendiri . Bisnis BonChon di Indonesia dirintis pertama kali dua tahun yang lalu oleh pebisnis muda kelahiran 15 November 1988 ini.

Menjadi pebisnis, melakukan riset pasar f&b di Indonesia, dan menjadi leader untuk timnya merupakan hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya oleh perempuan yang menempuh studi di New York University ini. “Saya memang memiliki motivasi kuat untuk menjadi entrepreneur, dan melihat ada peluang di Indonesia untuk membuka franchise makanan favorit saya di Amerika dahulu, yakni BonChon,” terang Michelle yang kini akhirnya memegang master franchise hidangan asal Busan, Korea Selatan ini.

Franchise adalah sistem yang akan berjalan apabila entrepreneurnya memiliki endurance untuk sukses. Michelle menambahkan, tim yang baik adalah kekuatan agar bisnis franchise berhasil. “Saya bersama tim benar-benar hands on. Di permulaan bisnis mereka sama-sama bekerja keras sehingga bisa berhasil hingga sekarang,” ucap Michelle. Ia mengaku, BonChon memiliki sistem yang fleksibel dan memberikan ruang yang leluasa bagi dirinya untuk menumbuhkan ide. “Baik ragam menu, layout, ambience, pihak BonChon sangat apreciate culture.  Hal itu juga yang membawa saya membentuk corporate culture. Karyawan di sini seperti keluarga, dan kami selalu mengapresiasi ide.”

Melihat kesuksesannya, ratusan aplikasi waralaba pun berdatangan, tapi Michelle berkomitmen untuk tetap selektif agar kualitas terjaga mulai dari produk hingga layanan. Ia kini mengontrol kelayakan outlet yang nantinya dibuka, diantaranya di Banjarmasin, Semarang, Yogyakarta, Bandung dan Denpasar.

Pribadi Michelle tampaknya memang menyukai tantangan.  Selain berbisnis, ia juga atlet berprestasi, salah satunya meraih tempat pertama pada Bintan Triathlon Olympic. Bulan April lalu, Michelle tak ketinggalan mengikuti full marathon di Paris. Tentu saja, karena fokus untuk mengembangkan bisnis membuat Michelle rela mengurangi aktivitas hobinya. Namun, ia kini memiliki kegiatan baru yang tak kalah menyenangkan, yakni sharing tentang bisnis untuk memotivasi generasi muda.

“Sekarang banyak sekali enterpreneur muda sukses. Mulai dari digital, kuliner, clothing line, hingga penulis yang jadi pebisnis. Saya sangat beruntung untuk berbagi dalam lingkaran ini,” demikian ia menyatakan kesannya.  Hal itu juga menjadi energi tersendiri bagi dirinya untuk menekuni bisnis. “Saya ingin memajukan ekonomi di Indonesia dan menginspirasi yang lainnya,” tutup Michelle.

Michelle E.Surjaputra

CEO and Founder at PT Michelindo Food International

www.msurjaputra.com

 

Top