NAVIGATION

Visi untuk KASKUS Evolution

ADR_6288

Pertumbuhan teknologi dan internet telah memberikan kemudahan dalam penyebaran ilmu pengetahuan. Andrew Darwis memberikan harapan besar untuk kepemimpinan baru mendatang, yaitu pemerataan infrastruktur teknologi informasi agar masyarakat makin kreatif, produktif, hingga mampu membuat ragam produk kebanggaan dari negeri sendiri.

Andrew Darwis dikenal sebagai inovator muda pendiri KASKUS.co.id. Sejak 1999, ia bersama tim membesarkan situs tersebut menjadi forum komunitas online terbesar di Indonesia. “Saat ini terdapat 6.9 juta member terdaftar. Situs Kaskus bisa diakses oleh siapa saja tanpa perlu mendaftar terlebih dahulu,dan setiap bulan terdapat 80.6 juta unit IPyang masuk ke situs KASKUS,” terang pria yang menempuh pendidikan di Seattle University ini.

Sebelumnya Andrew berperan penuh dalam pengembangan teknologi KASKUS, kini ia bertanggungjawab menjadi Chief Community Officer (CCO). “ Sejak dulu saya sangat senang berinteraksi dengan para Kaskuser (sebutan untuk member KASKUS). Ketika KASKUS makin tumbuh, maka fokus di bagian teknologi pun semakin bertambah untuk mengakomodir kebutuhan user. Saya harus memilih, karena antara komunitas & teknologi membutuhkan konsentrasi yang sama besar. Akhirnya saya putuskan untuk berperan menjadi CCO untuk lebih bisa mendengar aspirasi Kaskuser.” jelas Andrew.

Tugas CCO memang tergolong baru dan sangat dibutuhkan untuk memberikan servis terbaik kepada para member. Andrew berusaha untuk mencermati aspirasi anggota terkait pengembangan situs, untuk kemudian dijadikan bahan pertimbangan untuk mengembangkan atau menyempurnakan produk yang sudah ada agar Kaskuser semakin nyaman dan produktif di KASKUS.

Komunitas KASKUS juga dikenal intens menyelenggarakan kegiatan offline untuk berkumpul. Kegiatan ini bisa inisiatif dari KASKUSer maupun kegiatan yang dibuat oleh Managemen KASKUS. Bentuk kegiatan yang diinisiasi oleh komunitas sendiri bisa berupa gathering / Kopi Darat (Kop Dar), perayaan ulang tahun atau kegiatan sosial. Sedangkan bersama dengan manajemen KASKUS, komunitas, regional & Moderator KASKUS bisa saling berbagi saran dan masukan untuk KASKUS, serta menjadi kesempatan untuk KASKUS mensosialisasikan fitur, milestone dan rencana terbaru kepada mereka.Keunikan KASKUS adalah banyaknya ragam komunitas dengan interestnya yang bermacam-macam. Mereka merasakan engage dengan inovasi yang terus dikembangkan, sebagaimana KASKUS Evolution yang baru-baru ini diluncurkan. Selain tampilan yang clean dan classy dihadirkan pula pengelompokan forum berdasarkan kategori untuk memudahkan penelusuran sesuai interest.“Kami menginginkan bahwa ke depannya KASKUS menjadi besar karena user dan kontennya,” ujar Andrew. Maka diupayakan agar para moderator dan para regional leader juga ditonjolkan. Tidak ketinggalan, komunitas juga diberikan tempat spesial melalui fiturEvent Calendar, Field Report dan Regional of The Week.

Perjalanan bisnis Andrew diakui telah memberikan begitu banyak perubahan bagi diri. “Sebelumnya saya mengerjakan situs ini sekadar hobi dan tak menduga ternyata KASKUStelah menjadi tempat dimana orang mendapat banyak informasi hingga menjadi lahan serius untuk orang bisa berjualan. Maka jika server down tentu akan membawa efek yang tidak menyenangkan. Dorongan inilah yang membuat kami harus lebih fokus mengerjakannya, harus dedikasi, karena KASKUS bukan website kecil, di sini banyak orang yang bergantung,” tambah sosok yang mengidolakan Bill Gates ini.

Sebagai founder, Andrew bercita-cita untuk menjadikan KASKUS sebagai world class organization di mana orang di dalamnya lebih hebat dan mendunia. Ia pun menaruh harapan agar industri kreatif khususnya digital terus tumbuh. “Pemerintah ke depan hendaknya memberikan ruang ekspresi yang lebih luas untuk mendorong kemunculan produk kreatif dalam negeri. Hal yang pertama adalah pemerataan infrastruktur. Jika buku adalah jendela dunia, saya pikir internet juga. Di sini pengetahuan tersebar lebih mudah, kreativitas pun makin berkembang luas,” tutup Andrew. (ANA)

 

Nama: Andrew Darwis

Profesi: Founder & Chief Community Officer KASKUS

Twitter: @adarwis

 

Top