NAVIGATION

Tetap Bugar Saat dan Setelah Puasa

Tetap Bugar Saat dan Setelah Puasa

practise

Kewajiban menjalankan puasa selama bulan Ramadhan membuat sebagian orang menghindari fitnes dan berolahraga dengan berbagai alasan. Padahal, tidak seharusnya demikian. Jika dilakukan dengan tepat, fitnes dapat memberikan manfaat yang lebih saat berpuasa.

Menurut Alia Basalamah, National Fitness Training Nabager Fitness First, jika orang menganggap puasa menjadi hambatan untuk berolahraga, itu persepsi yang harus diluruskan. Karena orang yang tidak berolahraga saat puasa, maka kondisi tubuhnya akan menurun, apalagi bagi orang yang biasa melakukan fitnes.

Orang yang biasa fitnes memiliki komposisi otot yang bagus, jika saat berpuasa dia tidak berlatih, maka kompoisisi otot akan menurun dan metabolisme tubuh menjadi melambat, hingga berujung pada penumpukan lemak dalam tubuh,” imbuhnya.

Alia juga menambahkan, jika orang tidak berolahraga dalam jangka waktu yang lama, kardiovaskuler yang telah lama mereka bentuk dengan baik akan kembali seperti awal.

Untuk itu, olahraga saat puasa menjadi penting dilakukan. Bentuk latihannya bisa apa saja. Yang penting bagi Alia adalah pengurangan intensitas dan pemilihan waktu yang tepat, misalnya sebelum atau sesudah waktu berbuka.

Di Fitness First, bagi member yang sedang berpuasa, kita anjurkan untuk mengurangi intensitas kardeo, tapi dengan latihan beban yang tidak berubah. Ini bertujuan untuk menjaga massa otot agar tidak turun,” ujar mantan atlit yang telah jamak meraih prestasi ini. Alia juga memberikan salah satu tips dalam melakukan latihan yang menggabungkan Kardio dan Resistansi sebagai berikut :

exercise

Lakukan masing-masing gerakan sebanyak 10-15 repetisi dalam tiga set. Kemudian lakukan latihan kardio dengan durasi 10 menit pemanasan dan 15 menit pendinginan. Selamat mencoba!

Logo FF

Top