NAVIGATION

Cita untuk Generasi Lebih Baik

Cita untuk Generasi Lebih Baik

Para Peserta berfoto dengan narasumber

Hari Anak Nasional yang diperingati setiap tanggal 23 Juli dijadikan momentum untuk memaknai kembali usaha berbagai elemen guna memgupayakan pemenuhan hak anak. Salah satu usaha adalah menguatkan kolaborasi antar sektor dengan menyelenggarakan rangkaian seminar yang digagas Yayasan Gugah Nurani Indonesia.

Yayasan Gugah Nurani Indonesia (GNI) sebagai salah satu organisasi non-pemerintah yang fokus pada pembelaan hak-hak anak, mendukung upaya-upaya dunia usaha untuk menghormati hak-hak anak dan menghapuskan segala bentuk perburuhan anak. Mengingat dalam praktek kerja GNI, situasi anak yang bekerja menjadi penghambat terpenuhinya kesejahteraan anak di Indonesia.

Dalam wilayah kerja GNI di Kabupaten Bekasi, seorang anak (15) harus menjadi kepala keluarga. Dia sengaja memilih untuk mengumpulkan kepiting dan menjualnya untuk dapat bertahan hidup dengan neneknya. Sekolah pun akhirnya harus ia tinggalkan. Dari aktivitas itu, setiap harinya dia bisa menghasilkan setidaknya Rp 10.000,-. Untuk bertahan hidup dia harus membayar mahal dengan mengorbankan masa depannya.

Berdasarkan data dari ILO, saat ini diperkirakan terdapat empat juta anak berumur 5-17 tahun yang bekerja; dengan 1,4 juta anak berusia di bawah 13 tahun terlibat dalam pekerjaan, hampir 650.000 (13-14 tahun) anak melakukan pekerjaan ringan dan dua juta anak berusia 15-17 tahun bekerja dalam kondisi yang membahayakan.

Buruh anak masih menjadi pekerjaan rumah yang belum mendapat titik terang untuk diselesaikan. Yayasan GNI menyelenggarakan seminar membahas isu tersebut dengan tema “Kiat Dunia Usaha dalam Menghormati Hak Anak dan Menghapuskan Pekerja Anak’. Seminar ini merupakan bagian dari rangkaian acara dalam mengembangkan ’10 Prinsip Hak Anak dan Dunia Usaha’ yang telah dikembangkan oleh UNICEF, UN Global Compact dan Save The Children.

Seminar ini menghadirkan pakar hak anak, akademisi dan pelaku CSR dunia usaha, diantaranya Mohammad Farid (Chairperson Asia Against Child Traficking), Maria Nindita, Ph.D. (Direktur MM CSR Universitas Trisakti), serta Mustakim ( CSR PT Jakarta International Container Terminal (JICT). Melalui seminar tersebut diharapkan mampu menguatkan kolaborasi pemerintah, dunia usaha, akademisi dan NGO untuk pemenuhan hak anak. (*/ANA)

 

Yayasan Gugah Nurani Indonesia

Indonesia Jakarta Office

Komplek Gading Bukit Indah, Jl. Bukit Gading Raya Blok V No 18-19, Jakarta Utara 14240

E-mail :info@gnindonesia.org

Tel. +62-21-453-4595

Fax.+62-21-452-9674

 

 

 

Top