NAVIGATION

Implementasi Tanggung Jawab Sosial di Nagrak

CECT USAKTI Saung baca4

Di desa Nagrak-Ciangsana Kabupaten Bogor, Jawa Barat terdapat laboratorium sosial yang didalamnya terselenggara berbagai kegiatan pemberdayaan. Aktivitas di bidang pertanian misalnya, masyarakat dilatih budidaya padi, palawija, buah-buahan dan perikanan. Berbekal keterampilan yang telah dikuasai, mereka kemudian dapat bekerja memanfaatkan lahan yang ada untuk bercocok tanam hingga berhasil panen.

IMG_4108

Tak hanya itu, terdapat program penggemukan domba di sana. Masyarakat diseleksi untuk mendapatkan domba dan pelatihan. Produktivitas diharapkan bertambah, melalui kegiatan pelatihan meliputi budidaya, perawatan hingga pemanfaatan limbah domba yang dilakukan dalam laboratorium sosial ini.

CECT USAKTI Saung baca3

 

Anak-anak pun merasakan serunya berdiskusi dan membaca buku di sebuah rumah baca. Perpustakaan ini dirancang sebagaimana sebuah saung yang nyaman dan diberi nama Saung Baca Artajasa. Masyarakat dapat membaca dan meminjam buku secara gratis. Kini, perpustakaan ini kerap dimanfaatkan oleh murid-murid sekolah SD dan SMP yang berada di sekitar laboratorium sosial untuk tempat diskusi dan belajar bersama.

IMG_4018

Keseluruhan program ini merupakan salah satu bentuk bentuk tanggung jawab sosial. Sejatinya tanggung jawab sosial (social responsibility) bukan hanya ditujukan kepada perusahaan besar saja, tapi juga bagi seluruh jenis organisasi baik berukuran kecil, menengah maupun besar. Nah, implementasi tanggung jawab sosial ini dapat dilakukan melalui kolaborasi. Program yang terselenggara di area 126 ha desa Nagrak ini dirancang oleh CECT (Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector) dan Program MM-CSR Universitas Trisakti dan bekerja sama dengan PT Artajasa Pembayaran Elektronis. (*)

 

Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector

Menara Batavia Lt. 2

Jl. KH Mas Mansyur Kav. 126

Jakarta 10220

Tlp/Fax. 021-57930117

Tlp. 021-57930241

www.mmcsrusakti.org

 

Top