NAVIGATION

TRENDING POSTS

1 Hotel | Hotel

Ekspansi Parkside Hotels & Resorts di Tanah Air

2 Highlight | Hotel | Millenium Hotel Sirih Jakarta

Sambut Tahun Baru 2017 Bersama Millennium Hotel Sirih Jakarta

3 Gaya Hidup | Tekno

Parenting di Era Digital

Baba Rafi Enterprise: Menuju Global Brand

Baba Rafi Enterprise: Menuju Global Brand

5

Baru saja keduanya menjadi wakil Indonesia dalam Shanghai Ernst&Young Strategic Growth Forum di China sekaligus membuka cabang Kebab Turki Baba Rafi pertama di Shenjang. Memasuki tahun bisnis ke 11, Hendy dan Nilam saling mengisi untuk mencapai visi perusahaan menuju global brand. Apa saja kesiapannya?

Tentu saja dibutuhkan keberanian dan strategi khusus untuk membuat brand bisa masuk market internasional. Hal itu menjadi mungkin, dimana Hendy dan Nilam membuktikannya. Di bawah Baba Rafi Enterprise, Kebab Turki Baba Rafi telah tumbuh dengan jumlah 1200 outlet di 7 negara dan menggandeng beberapa perusahaan untuk bersama-sama mengembangkannya, seperti Ayam Bakar Mas Mono yang mendapatkan top ten franchise terbaik di Indonesia.

Menurut Hendi, franchise sebagai suatu sistem takkan berjalan dengan baik tanpa adanya improvement dan upaya berkelanjutan dari entrepreneur itu sendiri. “Dalam perjalanan 10 tahun Baba Rafi, suka duka, up & down, terjadi terus. Tantangan di awal diantaranya dianggap tidak kompeten, manajemen karyawan yang belum sempurna, menu yang tidak diterima market dengan baik, dan sebagainya. Kami bersyukur telah melewatinya dan memasuki tahun ke-11. Kunci keberlanjutan adalah terus improvement dan mengelola,”papar pria kelahiran Surabaya, 30 Maret 1983.

Sebagai entrepreneur, ada tangga bisnis yang dilalui. “Stage pertama kami bergerak sendiri, istilahnya ‘superman’, kemudian tahun ketiga berlanjut ‘superman with team’. Saat ini saya berada di tahapan ketiga yakni delegates responsibilities, di mana sudah ada deret manager dan divisi, namun keterlibatan saya masih ada di sana sebagai President Director dan CEO. Arahannya akan menuju stages ke 4 menciptakan mindset intrapreneurship dalam perusahaan, seperti berani mengambil risiko, kreatif, inovatif. Di sini posisinya sebagai mentor sementara bisnis dan organisasi terus berjalan,”lanjut Hendy.

Dalam pengembangan bisnis, Hendy bertanggung jawab membuat strategi dan peluang bisnis, sementara Nilam memastikan organisasi di dalam berjalan dengan baik. “Saya besyukur family bisnis bersama pasangan yang sudah membangun bisnis dari nol. Saya ajak Nilam juga mengikuti konferensi, sebab jika ingin menuju ke satu visi, majunya bersama-sama, mindset dan frekuensi yang sama, pola berpikir sama sehingga bisa saling support,”ungkap ayah dari tiga buah hati ini.

Dalam pertemuan konferensi di China lalu, Hendy dan Nilam mendapat insight baru. Long therm sustainability lebih penting daripada short term profit. “Contohnya, dulu saya menganggap yang penting untung dulu. Pada saat membuka jaringan usaha dengan membuka outlet, tanpa diimbangi dengan peningkatan kapasitas produksi, nanti kalau berkembang kapastitas produksi tidak sesuai. Jadi penting untuk investasi di produksi, kalau mau expand pun mudah. Setelah melihat kelebihan dan kekurangan bisnis saya, mindset saya berubah terkait long term sustainability.”

Setelah dibuka kantor Surabaya, Jakarta, kini Baba Rafi Enterprise memiliki kantor di Singapura untuk pengembangan internasional. Nilam pun harus cermat untuk mengetahui kondisi market setempat guna membentuk sistem di organisasi. “Salah satu tantangannya adalah teknologi, kita harus menyesuaikan. Di samping itu juga modifikasi marketing konten maupun produk,”jelas Nilam.

Nilam menyebutkan pula objective Baba Rafi Enterprise ke depan. Pertama global brand image, dalam lima tahun ke depan akan tumbuh di 35 negara. Dua, terkait social impact baik untuk karyawan maupun mata rantai yang terlibat. Tiga, tentang number growth dan profitability, dan berikutnya adalah sustainability, menjadi perusahaan yang berkelanjutan sekaligus kebanggaan dari Indonesia. (ANA)

Nama: Hendy Setiono & Nilam Sari

Profesi: Founder Baba Rafi Enterprise

Twitter: @HendySetiono, @Nilambabarafi

www.babarafienterprise.com

 

Top